visitaaponce.com

Pertumbuhan Ekonomi Harus 5-7 untuk Indonesia Jadi Negara Maju

Pertumbuhan Ekonomi Harus 5-7% untuk Indonesia Jadi Negara Maju
Foto udara gedung perkantoran dari kawasan Jalan Jendral Sudirman, Jakarta.(MI/Ramdani )

DIREKTUR Eksekutif Segara Research Institute Piter Abdullah menambahkan banyak syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi negara maju. Indikator utamanya adalah mendorong pertumbuhan ekonomi dari rata-rata 5% mencapai 7% secara rata-rata selama 10 tahun ke depan.

Untuk mencapai target itu pemerintah harus mengubah perekonomian Indonesia menjadi efisien. Saat ini Incremental Capital Output Ratio (ICOR) Indonesia masih tinggi di kisaran 6,2. Semakin tinggi ICOR berarti semakin tinggi biaya modal yang dibutuhkan untuk menghasilkan suatu output.

"Saat ini perekonomian Indonesia sangat tidak efisien dan hal ini ditunjukkan oleh ICOR yang sangat besar di atas 6, sementara negara-negara lain di bawah 4," ucap Piter.

Baca juga: Suku Bunga Higher for Longer, Dirut BRI : Semoga Tidak Berlangsung Lama

Tidak efisiennya perekonomian, lanjutnya, disebabkan antara lain oleh masih tingginya korupsi dan tingginya suku bunga perbankan. Pemerintah juga diminta meningkatkan investasi dalam R&D agar SDM dalam negeri bisa lebih unggul dari kompetitor asing.

"Tetapi, memacu R&D tidak akan mendorong pertumbuhan ekonomi kalau sistem ekonominya masih tidak efisien," pungkasnya. (Ins/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat