visitaaponce.com

Ini Visi Capres soal Pasar Modal

Ini Visi Capres soal Pasar Modal
Tangkapan layar debat dari tim ekonomi para capres/cawapres 2024(MI/Ilham)

DORONGAN kepada sektor-sektor potensial untuk melantai ke bursa dinilai amat menjanjikan bagi perkembangan pasar modal Indonesia ke depan. Itu diperlukan karena hingga saat ini pasar modal Indonesia hanya diisi oleh emiten-emiten populer di sektor keuangan.

Dorongan bagi sektor-sektor potensial itu merupakan visi yang diusung oleh bakal calon presiden dan wakil presiden Anies Rasyid Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin). Hal itu diungkapkan oleh Ketua Tim Visi-Misi Anies-Imin Wijayanto Samirin.

"Kami melihat itu (pasar modal) seperti ujung gunung es. Kalau kita ingin memperbesar capital market, tidak mungkin dengan cara menambah diujung (yang sudah mendominasi) tapi harus perkuat di bawah," ujarnya dalam Debat Tim Calon Presiden RI: Kemana Arah dan Wajah Pasar Modal Indonesia 2024-2029, Kamis (9/11).

Baca juga: Jokowi Dinilai Presiden yang Paling Layak Jadi Sutradara

Dari pemaparannya, apa yang ada di pasar modal Indonesia saat ini baru berkisar 11% dari nilai potensialnya. Amin, kata Wijayanto, berkomitmen untuk mengoptimalisasi 89% sektor potensial lainnya yang merupakan bagian bawah dari puncak gunung es tersebut.

Optimalisasi tersebut bakal dilakukan dengan mendorong daya saing sektor riil, menerapkan keberlanjutan fiskal, menjaga stabilitas moneter, dan stabilitas politik di dalam negeri. 

Baca juga: Pelaku Bisnis yang Wait and See di Tahun Politik, Pasar Modal Diharapkan Kembali Bergairah

"Kalau itu kita perkuat, maka capital market akan nyembul, terbang, melayang ke atas," ucap Wijayanto.

Sementara itu, pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo-Mahfud MD memastikan akan mendorong kondusifitas iklim pasar modal dalam negeri. Pasalnya, kengerian utama dari investor adalah ketidakpastian.

Deputi 5.0 Tim Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud Andi Widjajanto menuturkan, persoalan kepastian itu berkaitan erat dengan hukum yang berlaku. Permasalahan itu menurutnya dipastikan bakal terselesaikan ketika Ganjar-Mahfud menjalankan roda pemerintahan.

"Ganjar-Mahfud berusaha beri kepastian itu, mengembalikan lagi, benar-benar tahu apa yang akan dilakukan ke depan. strategi kami, kami punya 11 strategi," tuturnya.

Sedangkan pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka bakal membuat pasar modal sejalan dengan prinsip ekonomi pancasila. Salah satunya ialah mendorong koperasi ikut bermain di pasar saham dan mengedepankan prinsip gotong-royong di pasar modal.

"Kita dorong koperasi-koperasi itu. Apalagi ditambah dengan ribuan perusahaan yang belum menjadi emiten, itu akan kita dorong dan membuat pasar modal kita menjadi lebih besar," jelas Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran Panji Irawan. (Mir/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat