visitaaponce.com

Menkeu APEC Bertujuan untuk Ciptakan Kemakmuran Bersama

Menkeu: APEC Bertujuan untuk Ciptakan Kemakmuran Bersama
Menteri Keuangan Sri Mulyani di KTT APEC.(AFP)

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkakan kehadiran Asia Pasific Economic Cooperation (APEC) ditujukan untuk menciptakan kerja sama yang dapat menghasilkan kemakmuran bersama di kawasan. Hal itu ia sampaikan saat menghadiri KTT APEC yang membahas mengenai status quo perekonomian dunia dan kerja sama global di San Fransisco, Amerika Serikat.

"Tujuan dari APEC yaitu untuk menciptakan sebuah kerja sama untuk bisa menciptakan kemakmuran bersama," ujar Sri Mulyani seperti dilansir dari laman Kementerian Keuangan, Kamis (16/11).

Pertemuan menteri keuangan APEC terbagi dalam beberapa sesi. Sesi pertama, Finance Ministers Meeting (FMM), dibuka dengan topik yang sangat relevan bagi para anggota APEC, yaitu mengenai situasi perekonomian global, termasuk bagaimana kondisi perekonomian Amerika Serikat dan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) yang mempengaruhi dunia.

Baca juga: Jokowi Apresiasi Pembentukan ASEAN Caucus

Diketahui, Amerika Serikat sedang mengalami tekanan inflasi yang menyebabkan melonjaknya suku bunga. Sementara RRT mengalami pelemahan perekonomian domestik, salah satunya dari sektor properti.

"Kita membahas bagaimana kemudian ekonomi ini perlu untuk merespon dengan kebijakan fiskal yang tentu tantangannya tidak mudah," kata Sri Mulyani.

Baca juga: Ternyata Pertemuan Xi dan Biden Lebih Banyak Bahas Taiwan

Dia menambahkan, Indonesia sendiri hadir untuk membagikan pengalaman serta pelajaran dari pemulihan ekonomi pasca pandemi. Termasuk bagaimana menjaga perekonomian di tengah guncangan-guncangan ekonomi yang telah dilewati, mulai dari bahan bakar hingga pangan dengan menggunakan instrumen APBN.

Pada sesi kedua, para menkeu membicarakan mengenai modern supply side economy. Menurutnya, topik tersebut relatif baru namun menjadi penting dalam suasana politik dan fragmentasi kerja sama global.

"Indonesia menyampaikan bahwa untuk bisa meningkatkan perekonomian secara jangka panjang dan sustainable, produktivitas menjadi penting," tuturnya.

Isu perubahan iklim menjadi topik diskusi pada sesi ketiga. Itu menjadi tantangan yang harus diatasi, termasuk aspek keuangan dalam pembiayaan transisi energi dari suatu negara.

"Indonesia termasuk salah satu negara yang betul-betul cukup detail karena kita memiliki komitmen untuk melakukan transisi energi menuju ekonomi hijau. Namun, aspek keuangannya sangat-sangat menentukan dan masih perlu banyak yang harus dipecahkan," terang Sri Mulyani.

Pada sesi penutup, pertemuan para Menteri Keuangan APEC ini membahas mengenai ekonomi digital. Mulai mata uang kripto hingga aset digital lainnya. Para menteri keuangan sepakat, dengan pesatnya kemajuan teknologi kini, tema ini kedepannya akan semakin penting dan relevan bagi perekonomian seluruh dunia. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat