visitaaponce.com

Start Up Aruna Wakili Indonesia Jadi Runner Up di Final Kompetisi Tech Tiongkok

Start Up Aruna Wakili Indonesia Jadi Runner Up di Final Kompetisi Tech Tiongkok
Aruna kembali diundang ke Guangzhou oleh Kementerian Industri dan Teknologi Informasi Tiongkok(Dok.Ist)

MENINDAKLANJUTI kemenangan Aruna pada ajang "SME Innovation and Entrepreneurship Global Contest 2023” yang telah diumumkan pada 16 Oktober 2023 lalu di Beijing, Aruna kembali diundang ke Guangzhou oleh Kementerian Industri dan Teknologi Informasi Tiongkok untuk melanjutkan langkah ke tahap final pada tanggal 29 November hingga 1 Desember 2023.

Pada agenda yang juga bertujuan untuk mempromosikan inovasi, lingkungan kewirausahaan, serta peraturan insentif terkait investasi berkelanjutan ini, Aruna telah berhasil menyabet prestasi sebagai juara runner up ke-1 secara global. Aruna adalah satu-satunya perusahaan yang mewakili Indonesia di ajang ini.

Sebelumnya, Aruna beserta peserta lain yang lolos di babak final ini diminta untuk mengerjakan sebuah proyek sebagai simulasi pencetusan dan validasi pengembangan ide bisnis mereka. Secara khusus, Aruna mengangkat pembahasan tentang "Digital Supply Chain Challenge”.

Baca juga: Dukung Potensi Perempuan Muda Indonesia Lewat PYP Ke-6

“Nilai dasar, objektif, dan eksekusi proyek menjadi beberapa poin yang paling dinilai dalam kompetisi ini. Ide mereka harus selangkah atau bahkan lima langkah lebih jauh dari apa yang telah mereka mulai saat ini. Kemudian, kita lihat: apakah sudah tepat mengenai pain point yang dialami oleh pasar mereka? Sebab hal itulah yang biasa memengaruhi laju dan umur bisnis mereka. Kami lihat ini di Aruna,” ungkap Wakil Direktur Jenderal Pusat China untuk Promosi Pengembangan UKM, Li Yan.

Pada agenda yang sama, Aruna dan kontestan lain diminta untuk menjadi mentor bagi beberapa perusahaan startup asal Tiongkok yang telah terpilih untuk ikut serta dalam kontes ini. Dengan kasus proyek simulasi serupa, mereka kemudian menjadi tim yang dibina oleh keempat kontestan "SME Innovation and Entrepreneurship Global Contest 2023”, termasuk oleh Aruna. 

Baca juga: Pertamina Hulu Rokan Paparkan Inovasi Lahan Basah Buatan di Gelaran COP28

“Kita juga berbicara tentang sharing di sini, jadi bukan melulu tentang kompetisi, ya. Ya, ini titik imbangnya. Berhasil menjadi juara runner up yang pertama, sekaligus punya kesempatan buat berbagi ilmu dan pengalaman bagi sejumlah startup terpilih di Tiongkok. Semoga dengan mewakili Indonesia di ajang ini, Aruna bisa turut serta mewujudkan masa depan yang lebih baik dan menjanjikan, utamanya bagi komunitas pesisir Indonesia yang telah tergabung di ekosistem kami,” tutup Co-Founder dan Chief Sustainability Officer Aruna Utari Octavianty. (RO/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat