visitaaponce.com

Peran Akuntan Publik dalam Mitigasi Risiko dengan Investigasi

Peran Akuntan Publik dalam Mitigasi Risiko dengan Investigasi
Inaugurasi bagi calon pemegang Certified Professional Investigator (CPI) di Jakarta, Rabu (6/12).(Dokpri.)

PERAN akuntan publik diharapkan lebih proaktif dalam menghadapi dan memitigasi risiko dengan melibatkan diri dalam proses dan kegiatan investigasi. Keterlibatan para akuntan publik dapat memberikan asurans secara profesional, kompeten, dan independen terhadap permasalahan bisnis, hukum, dan ekonomi dengan perspektif berlandaskan keilmuan dan pengalaman profesi.

Itu disampaikan Ketua Komite Jasa Investigasi (KJI) Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) Jamaludin Iskak saat prosesi inaugurasi bagi calon pemegang Certified Professional Investigator (CPI) di Jakarta, Rabu (6/12). Prosesi ini merupakan rangkaian puncak dari kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas profesionalisme akuntan publik di bidang jasa investigasi.

"Kegiatan role play yang dilaksanakan di pendidikan Sertifikasi Jasa Investigasi menyimulasikan pengadilan seolah-olah nyata dengan kehadiran hakim dan pengacara sungguhan. Hal tersebut dapat membantu dalam meningkatkan rasa percaya diri para peserta," ujar Jamaludin.

Baca juga: Amortisasi Adalah: Pengertian, Manfaat, Contoh, dan Bedanya dengan Depresiasi

Karena itu, lanjut Jamaludin, pendidikan ini merupakan fondasi penting dalam membangun profesionalisme akuntan publik di bidang jasa investigasi. Tentu ini menjadi modal berharga bagi pengembangan akuntan publik di masa depan. "Komite Jasa Investigasi telah menjadi fondasi utama yang melahirkan para pemegang sertifikat CPI di Indonesia. Selanjutnya, IAPI juga berupaya mendidik para pemegang CPI melalui Forum Akuntan Investigator (FAIr)," ujarnya.

Calon pemegang CPI yang mengikuti acara inaugurasi berjumlah 61 orang. Ini terdiri atas 59 pemegang CPI dan 2 pemegang sertifikat Associate CPI. Dengan demikian, per hari ini akuntan publik pemegang CPI sebanyak 246 orang.

Baca juga: Pengertian Goodwill dalam Bisnis serta Jenis, Manfaat, Contoh, Cara Menghitung

Ketua Umum IAPI Hendang Tanusdjaja menegaskan, pencapaian ini membuktikan komitmen, konsistensi, dan kerja keras mereka terhadap pengembangan diri dan profesi akuntan publik di Indonesia. "Tidak hanya memiliki keahlian sebagai akuntan publik, tetapi juga memiliki pengetahuan sebagai akuntan investigator," ujar Hendang.

Sebagai organisasi, IAPI senantiasa menyokong dan mempromosikan profesionalitas profesi akuntan publik. "Hari ini, dengan kebanggaan yang mendalam, kita dapat mengatakan bahwa lulusan kita tidak hanya menjadi ahli investigasi yang andal, tetapi juga mendukung integritas dan profesionalisme dalam dunia audit," ucap Hendang.

Sebelumnya, IAPI menggelar kegiatan Pendidikan dan Sertifikasi Jasa Investigasi Batch ke-5. Acara yang digelar pada 16 hingga 18 Oktober 2023 itu dimulai dengan serangkaian workshop dan ujian, meliputi pemeriksaan investigatif, penghitungan kerugian negara, serta penggunaan keterangan ahli. (RO/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat