visitaaponce.com

Rumah Tani Bantu Petani Terapkan Pertanian Inovatif dan Berkelanjutan

Rumah Tani Bantu Petani Terapkan Pertanian Inovatif dan Berkelanjutan
Ilustrasi pertanian Indonesia(Dok. Rumah tani)

PERTANIAN menjadi salah satu sumber pangan penting bagi Indonesia. Hal itu mendorong Halimah dan Bahtiar terus berinovasi dengan mengembangan usaha rintisan (startup) Rumah Tani yang berarti Rumah Petani.

Rumah Tani memberikan petani di seluruh Indonesia teknik pertanian inovatif, peralatan modern, dan praktik berkelanjutan. 

Keahlian Bahtiar memastikan tanaman tumbuh subur, sedangkan kecerdasan bisnis Halimah membuat Rumah Tani berkembang sebagai sebuah perusahaan. Terlebih lagi Bahtiar yang dilahirkan dari seorang petani dan pedagang sayur, sangat menjiwai dalam menjalankan misi tersebut.

Baca juga : Kementan Bantu Petani Dapatkan Permodalan Melalui Micro Finance Program UPLAND

Namun Rumah Tani bukan hanya soal keuntungan. Hati Bahtiar dan Halimah tetap tertanam kuat di tanah tempat mereka dibesarkan. 

Mereka menyelenggarakan lokakarya dan sesi pelatihan, membantu petani memahami pentingnya pertanian organik dan praktik ramah lingkungan. Mereka percaya bahwa sektor pertanian yang sejahtera tidak hanya akan menguntungkan petani tetapi juga seluruh bangsa.

Baca juga : Pupuk Kaltim Gencarkan Semangat Transformasi Hijau Industri Pupuk dan Petrokimia

Dedikasi mereka tidak luput dari perhatian. Rumah Tani menerima penghargaan atas komitmennya terhadap keberlanjutan dan para petani di seluruh Indonesia mulai melihat peningkatan nyata dalam penghidupan mereka. Bersama-sama, mereka membangun komunitas petani yang memiliki impian dan semangat yang sama.

Perjalanan Bahtiar dan Halimah bukannya tanpa tantangan, namun persahabatan mereka yang tak tergoyahkan dan kesamaan visi membuat mereka terus maju. Mereka mengubah lanskap pertanian Indonesia menjadi lebih sejahtera dan berkelanjutan dibandingkan sebelumnya.

"Saat ini rumah tani melayani petani secara penuh mulai dari permodalan, pendampingan dan akses pasar yang tersebar di Jawa dan Bali. Karena mengurus petani tidak bisa setengah-setengah ini harus tuntas," kata Bahtiar dalam keterangannya.

Bahtiar mengungkapkan, saat ini perusahaannya telah berhasil membantu ribuan masyarakat di berbagai daerah. Mulai dari permodalan hingga penjualan hasil taninya.

"Kami di Rumah Tani sudah melayani petani secara penuh mulai dari permodalan , pendampingan dan akses pasar karena mengurus petani tidak bisa setengah-setengah ini harus tuntas," ujarnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat