visitaaponce.com

Inilah Kisah Sukses Pedagang Tanah Abang yang Manfaatkan TikTok

Inilah Kisah Sukses Pedagang Tanah Abang yang Manfaatkan TikTok
Namira, pemilik toko AyuNabella yang berada di Pasar Tanah Abang, dengan sejumlah paket yang siap dikirim kepada pembeli.(Ist)

DI kawasan Tanah Abang yang ramai, Jakarta, ada banyak kisah kewirausahaan yang sukses dalam memanfaatkan kekuatan platform digital untuk menumbuhkan bisnis mereka, salah satunya adalah AyuNabella.

Penjual produk daster dan pakaian santai bermotif batik ini menjadi contoh yang tepat tentang bagaimana pedagang offline menggunakan platform digital yang akhirnya membuat bisnisnya tumbuh dan berekspansi.

Namira, pemilik bisnis AyuNabella ini memulai perjalanan bisnisnya dengan membuka toko di Tanah Abang yang terkenal sebagai pusat grosir ritel di ibukota Jakarta.

Baca juga: Solopreneur Iwet Ramadhan: Atasi Ketakutan Kunci Sukses dalam Bisnis

Di tengah pasar yang sibuk ini, AyuNabella berhasil memperoleh banyak pelanggan dan tumbuh positif.

Namun, bisnisnya ini tidak luput dari dampak pandemi yang melanda Indonesia beberapa tahun lalu. Seperti banyak toko lainnya, ia terpaksa mengurangi jam buka dan mengalami penurunan penjualan, hingga terancam tutup.

Di tahun 2022, Namira sang pemilik pun memutar otak dan memikirkan bagaimana caranya bisa menyelamatkan bisnisnya, sekaligus mempertahankan karyawannya.

TikTik Jadi Sarana Kenalkan Produk Dagangannya

TikTok akhirnya menjadi pilihan Namira saat itu. Namira mulai mengunggah konten untuk memperkenalkan produk-produknya kepada pengguna TikTok.

Dengan kemudahan untuk menghasilkan konten yang autentik dan menghibur, serta fitur shoppable livestream yang memungkinkannya untuk berinteraksi dengan pembeli seperti layaknya toko offline, AyuNabella pun mulai serius menggarap akun dan toko online-nya di TikTok.

Cara pembawaan host dan pemiliknya yang apa adanya, serta pilihan produk yang beragam dan terjangkau, AyuNabella berhasil menarik perhatian pengguna TikTok.

Salah satu strategi kunci dalam keberhasilan AyuNabella adalah pendekatannya yang autentik dan relatable untuk target pembelinya, yaitu para ibu-ibu.

Baca juga: Jangkau Pembeli Baru, Penjualan UMKM Naik pada Harbolnas

Melalui akun ini, Namira dan juga host lainnya membagikan tips dan perjalanannya sebagai seorang ibu, menampilkan suka duka dalam membangun bisnis, serta berinteraksi langsung dengan audiensnya saat live.

Jangkau Pembeli di Luar Jakarta

Dengan pendekatan ini, AyuNabella pun bisa bertumbuh pesat di TikTok. Bisnis ini bahkan berhasil selamat dari pandemi dengan tidak menutup tokonya di Tanah Abang dab penjualannya sebagian besar berasal dari TikTok.

Ditambah lagi, kini AyuNabella bisa menjangkau pelanggan dari luar Jakarta.

Tidak hanya angka penjualan, AyuNabella pun terus mengembangkan bisnisnya dengan mempekerjalan lebih banyak pegawai, bahkan menjangkau lebih banyak pengrajin batik di Surakarta, Jawa Tengah, untuk memproduksi pilihan produk batik yang beragam. Cara ini juga yang berhasil membuat banyak orang menjadi pelanggan setia AyuNabella.

Di bulan Oktober 2023 lalu saat tidak bisa lagi berjualan di TikTok, AyuNabella pun tidak habis akal.

Baca juga: Jangkau Pembeli Baru, Penjualan UMKM Naik pada Harbolnas

Padahal selama ini, ia terus memanfaatkan platform TikTok untuk mempromosikan produk-produknya, sekaligus membuat video singkat yang seru dengan menghibur, agar bisa terus menjaga hubungan dengan pelanggannya di TikTok.

Strategi ini terbukti berhasil, karena pada saat fitur commerce kembali dibuka di TikTok, ia mencatat angka penjualannya yang tinggi.

"Sebagai pelaku UMKM, berjualan di platform online menjadi suatu keharusan di masa kini, karena dengan begitu kami bisa menjangkau calon pembeli yang lebih luas di seluruh Indonesia, dan bahkan luar negeri," ucap Namira.

Baca juga: Akumindo Nilai Positif TikTok Bergabung dengan Tokopedia

"Meningkatnya penjualan memungkinkan saya untuk mengembangkan bisnis dengan menambah lebih banyak pegawai, serta melibatkan lebih banyak pengrajin dan penjahit," jelasya.

"Tidak hanya itu, dengan pelatihan dan kegiatan yang diadakan oleh TikTok, saya pun bisa berinteraksi dengan pengusaha UMKM lainnya untuk saling bertukar cerita dan pengalaman," ungkap Namira.

Ke depannya, perjalanan AyuNabella menunjukkan potensi transformatif dalam merangkul platform digital dan beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen.

Perjalanannya menjadi bukti akan peluang tak terbatas yang tersedia bagi para pelaku UMKM yang memanfaatkan kekuatan media sosial dan e-commerce, melampaui batasan geografis dan mendorong bisnis mereka ke tingkat kesuksesan yang belum pernah terjadi sebelumnya. (S-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat