visitaaponce.com

Kemnaker Gelar Peringatan Hari Migran Internasional 2023 di Kantong Pekerja Migran

Kemnaker Gelar Peringatan Hari Migran Internasional 2023 di Kantong Pekerja Migran
Menaker Ida Fauziyah memperingati Hari Migran Internasional 2023 di GOR Bumei Tuwah Bepadan. Kabupaten Lampung Timur, Senin (18/12/2023).(Ist/Kemnaker)

KEMENTERIAN Ketenagakerjaan (Kemnaker) menggelar Peringatan Hari Migran Internasional 2023 dengan tema ’Pekerja Migran Indonesia Kreatif Berdaya, Keluarga Sejahtera, Indonesia Jaya’. Bertempat di GOR Bumei Tuwah Bepadan Lampung Timur, Senin (18/12/2023), acara tersebut diikuti 2.500 peserta secara offline dan sebanyak 11 perwakilan negara tujuan penempatan secara online.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fau­ziyah. mengemukakan rasa senangnya atas pelaksanaan peringatan Hari Migran Internasional 2023 di Kabupaten Lampung Timur, Lampung. Pelaksanaan di Lampung Timur karena daerah tersebut menjadi salah satu daerah kantong Pekerja Migran Indonesia.

“Setiap tahun kita merayakan, dan tahun ini kita selenggarakan di Lampung Timur. Kenapa Lampung Timur, karena Lampung Timur 1 dari 5 kabupaten terbesar yang menempatkan Pekerja Migran Indonesia,” ucapnya.

Baca juga: Menaker: Potensi Pelatihan di Perusahaan Indonesia Cukup Besar

Lampung Timur, katanya, kabupaten terbesar ke-5 yang menjadi kantong Pekerja Migran Indonesia setelah Indramayu, Lombok Timur, Cirebon, dan Cilacap. Begitu juga dengan Provinsi Lampung yang menjadi kantong Pekerja Migran Indonesia urutan ke-5 untuk tingkat provinsi setelah Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan NTB. 

“Alhamdulillah Lampung Timur telah memberikan keteladanannya dengan memberikan layanan kepada Pekerja Migran Indonesia. Sebagai ucapan dan apresiasi kami maka peringatan Hari Migran Internasional ini kami rayakan di Kabupaten Lampung Timur,” ucap Menaker Ida, Senin (18/12/2023) di Lampung Timur.

Sementara itu Plt. Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Kemnaker, Haiyani Rumondang, mengemukakan alasannya meng­usung tema ’Pekerja Migran Indonesia Kreatif Berdaya, Keluarga Sejahtera, Indonesia Jaya’.

Baca juga: KUR, KTA dan Berbagai Fasilitas bagi Pekerja Migran Indonesia

Dengan tema tersebut, pihaknya berharap Pekerja Migran Indonesia yang ditempatkan adalah yang kompeten dan memiliki kemampuan untuk bekerja dan berjuang untuk meningkatkan perekomian dan kesejahteraan keluarganya, yang akhirnya berdampak pada kejayaan bangsa dan negara Indonesia. 

Pada peringatan Hari Migran Internasional 2023, Kemnaker memberikan penghargaan Indonesian Migrant Worker Awards (IMWA) 2023 kepada stakeholders yang memiliki kontribusi besar terhadap perluasan kesempatan kerja di luar negeri.

Menaker Ida harap semua penerima IMWA 2023 ini dapat menjadi pemicu dan motivator kepada khalayak lain untuk dapat lebih berkontribusi dalam hal perluasan kesempatan kerja di luar negeri.

Adapun penghargaan IMWA 2023 diberikan kepada 16 penerima dengan 13 kategori yaitu Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Timur; Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Tulungagung; Provinsi Lampung; Kabupaten Lampung Timur; Satgas Pelindungan Pekerja Migran Indonesia NTB; Satgas Pelindungan Pekerja Migran Indonesia Provinsi Jawa Timur, Desa Lantan, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, NTB; Layanan Terpadu Satu Atap Pekerja Migran Indonesia Kabupaten Cirebon; perusahaan penyalur PT Jafa Indo Corpora, PT Pamor Sapta Dharma, dan PT Hamparan Karya Insani; TVRI; www, antaranews.com, Yessie Kualasari (Atase Ketenaga­kerjaan pada Kedubes RI di Seoul), pekerja migran berprestasi yaitu Deni Hendri Saputra dan Mukini. (S-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat