visitaaponce.com

BI Perkirakan Ekonomi Indonesia Tumbuh Kuat di 2024

BI Perkirakan Ekonomi Indonesia Tumbuh Kuat di 2024
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo.(MI)

BANK Indonesia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan menguat di tahun depan di kisaran 4,7% hingga 5,5%. Itu lebih tinggi dibanding proyeksi pertumbuhan ekonomi tahun ini di kisaran 4,5% hingga 5,3%.

"Pertumbuhan ekonomi 2024 diperkirakan meningkat dalam kisaran 4,7% sampai 5,5%," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers, Kamis (21/12).

Menguatnya proyeksi pertumbuhan ekonomi di 2024 didorong oleh sejumlah indikator perekonomian yang cukup baik. BI memandang konsumsi baik swasta maupun pemerintah dan investasi diperkirakan terus meningkat sejalan dengan keyakinan konsumsi masyarakat yang tetap baik, dampak positif pelaksanaan pemilu, serta kelanjutan pembangunan proyek strategis nasional.

Baca juga: IHSG Diprediksi Bergerak Variatif seiring Keputusan Suku Bunga BI

Karenanya bank sentral akan menjaga dan terus memperkuat sinergi dengan otoritas fiskal untuk memastikan proyeksi pertumbuhan itu terealisasi. "BI akan terus memperkuat sinergi, stimulus makroprudensial BI dengan stimulus fiskal pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya dari sisi permintaan," kata Perry.

Adapun berdasarkan penilaian BI, perekonomian Indonesia sejauh ini masih cukup solid, utamanya didukung oleh permintaan domestik. Konsumsi rumah tangga dan investasi tetap tumbuh sejalan dengan keyakinan masyarakat dan berlanjutnya penyelesaian proyek-proyek strategis nasional.

Baca juga: BI Punya Peluang Turunkan Suku Bunga 50 Bps di Tahun 2024

Perkembangan tersebut dikonfirmasi oleh sejumlah indikator utama hingga Desember 2023 seperti keyakinan konsumen, penjualan eceran, dan PMI manufaktur. "Sementara itu kinerja ekspor cenderung lebih baik seiring dengan peningkatan permintaan beberapa mitra dagang utama seperti AS dan India," pungkas Perry.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat