visitaaponce.com

Anies Perlu Skema Kreatif saat Mencari Utang Luar Negeri

Anies: Perlu Skema Kreatif saat Mencari Utang Luar Negeri
Anies Baswedan.(ANTARA/ADENG BUSTOMI)

CALON presiden nomor urut 1 Anies Baswedan berpendapat bahwa diperlukan suatu skema yang lebih kreatif untuk mendapatkan utang luar negeri.

Hal itu disampaikan Anies untuk merespons jawaban capres Ganjar Pranowo pada sesi ketiga debat capres yang diselenggarakan oleh KPU di Jakarta, Minggu (7/1), seperti dilansir dari Antara.

"Yang tidak kalah penting adalah melakukan pengembangan skema-skema yang lebih kreatif dalam mencari utang luar negeri, termasuk pelibatan swasta," katanya.

Baca juga: Anies: Presiden Harus Jadi Panglima Diplomasi di Panggung Dunia

Selain itu, Anies mengatakan alokasi utang yang didapat seharusnya ditujukan untuk kegiatan yang lebih produktif agar tidak terjadi intervensi pihak asing dalam pemenuhan kewajiban utang negara.

"Jangan utang itu digunakan untuk kegiatan yang non-produktif. Misalnya, utang dipakai untuk membeli alutsista bekas oleh Kementerian Pertahanan," ujarnya.

Baca juga: Debat Capres Sebut Hacker terkait Kejahatan Dunia Online

Anies menyampaikan dari hasil kegiatan produktif tersebut nantinya secara perlahan akan berdampak terhadap perluasan wajib pajak yang diharapkan bisa meningkatkan produk domestik bruto (PDB). (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat