visitaaponce.com

Saham Boeing Turun Lagi Akibat Masalah Keamanan Terbaru

Saham Boeing Turun Lagi Akibat Masalah Keamanan Terbaru
Saham Boeing mengalami penurunan tajam akibat pemeriksaan federal yang lebih ketat, setelah masalah keamanan di udara. (AFP)

SAHAM Boeing merosot pada Selasa di tengah ekspektasi pemeriksaan federal yang lebih ketat, menyusul masalah keamanan di udara awal bulan ini. Penurunan itu akan memberikan tekanan pada kinerja keuangan perusahaan.

Saham Boeing anjlok hampir 8%, kembali memberikan beban pada Indeks Dow Jones, ketika laporan seorang analis ekuitas Wells Fargo memperingatkan audit Federal Aviation Administration (FAA) "membuka banyak permasalahan baru."

Pada insiden 5 Januari, pesawat Boeing 737 MAX yang dioperasikan Alaska Airlines melakukan pendaratan darurat, setelah sebuah panel yang dikenal sebagai "door plug" meledak di tengah penerbangan. Tidak ada korban jiwa atau cedera serius.

Baca juga: Lagi, Pesawat Buatan Boeing Bermasalah

FAA pertama kali memulai penyelidikan keamanan terkait insiden ini, yang merupakan masalah keamanan utama di udara pertama kali pada pesawat Boeing sejak kecelakaan fatal pada 2018 dan 2019 yang melibatkan pesawat 737 MAX, yang menyebabkan penangguhan hampir dua tahun terhadap pesawat tersebut.

Regulator AS kemudian menangguhkan operasi 171 pesawat 737 MAX 9, dengan konfigurasi serupa dengan pesawat yang terlibat dalam insiden tersebut.

Baca juga: AS Buka Penyelidikan Boeing Akibat Kecelakaan Alaska Airlines

FAA pada akhirnya menyatakan pesawat-pesawat tersebut tidak akan diizinkan terbang kembali hingga badan tersebut menyetujui proses inspeksi dan pemeliharaan yang luas dan ketat. Pemeriksaan ini akan mencakup data dari putaran awal 40 inspeksi pesawat MAX 9, demikian disampaikan FAA.

Wells Fargo menurunkan peringkat saham Boeing, sebagian berdasarkan penurunan pengiriman 737 MAX yang diperkirakan lebih lambat pada tahun 2024, yang akan memotong aliran kas bebas sebesar US$2 miliar, dibandingkan dengan analisis sebelumnya.

"Mengingat catatan terakhir Boeing dan insentif yang lebih besar bagi FAA untuk menemukan masalah, kami pikir peluang untuk laporan audit bersih adalah rendah," kata Wells Fargo.

United Airlines pada Selasa memperpanjang pembatalan layanan pada pesawat MAX 9 hingga 17 Januari. Sementara itu, Boeing menunjuk Laksamana Muda (Purn) Kirkland Donald sebagai penasihat Chief Executive David Calhoun, yang bertugas untuk melakukan tinjauan "komprehensif" terhadap program dan praktik kualitas Boeing. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat