visitaaponce.com

Resmikan Bendungan Lolak, Jokowi Pengelolaan Air harus Jadi Prioritas

Resmikan Bendungan Lolak, Jokowi: Pengelolaan Air harus Jadi Prioritas
Presiden Joko Widodo(BPMI Setpres)

Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Lolak di Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, Jumat (23/2). Di dalam peresmian itu, ia menekankan bahwa pengelolaan air harus menjadi prioritas atau konsentrasi kerja.

"Ke depan urusan air, urusan energi, ini akan menjadi sebuah persoalan besar kalau kita tidak siapkan dari sekarang," ujar Jokowi di Bolaang Mongondow, Jumat.

Indonesia, kata dia, memiliki sekitar 4.400 sungai. Namun, dari jumlah itu baru 292 yang memiliki bendungan.

Baca juga : Presiden Resmikan Bendungan Danu Kerthi di Bali

Sebagai perbandingan, Tiongkok memiliki 98.000 bendungan, Korea Selatan memiliki kurang lebih 20.000 bendungan. Jumlah itu sangat jauh dengan apa yang dimiliki Indonesia sekarang.

Jokowi mengatakan Bendungan Lolak bisa menampung 16 juta meter kubik yang mampu mengairi sawah kurang lebih seluas 2.200 hektare.

"Jadi kalau di provinsi yang lain, di kabupaten yang lain ada, di sini kita juga memiliki bendungan dengan kapasitas yang kurang lebih sama. Air yang ada di negara kita akan bisa kita kelola dengan baik sehingga bermanfaat," tutur mantan wali kota Surakarta itu.

Infrastruktur air itu juga didesain untuk mereduksi banjir hingga 29%. "Kalau sebelumnya banjir, kemudian ada bendungan, banjir menjadi terkurangi 29%," ucapnya. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat