visitaaponce.com

Survei Kondisi Ekonomi Nasional Lebih Buruk Usai Pemilu

Survei: Kondisi Ekonomi Nasional Lebih Buruk Usai Pemilu
Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi.(Dok. Medcom)

KONDISI ekonomi Indonesia dinilai sedang tidak baik-baik saja setelah pemilu berlangsung. Hal itu berdasarkan hasil jajak pendapat Indikator Politik Indonesia.

"Lebih banyak di antara responden yang mengatakan kondisi ekonomi nasional buruk atau sangat buruk dengan 40,6%," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam rilis survei secara virtual, Rabu, 28 Februari 2024.

Burhanuddin memerinci jumlah itu terdiri dari 27,9% responden yang menjawab buruk. Kemudian 12,7% responden menjawab kondisi ekonomi Indonesia sangat buruk.

Baca juga : Pelemahan Ekonomi Dinilai Jadi Ancaman untuk RI dalam 2 Tahun ke Depan

"Sedangkan yang menilai kondisi ekonomi nasional baik dan sangat baik 33,9%," papar dia.

Burhanuddin menyebut 27,4% responden menilai kondisi ekonomi Indonesia baik. Sementara hanya 6,5% responden yang menjawab kondisi ekonomi Indonesia sangat baik.

"24,2% responden menjawab sedang dan 1,3% responden lainnya tidak tahu atau tidak jawab," ujar dia.

Baca juga : Survei LSI: Mayoritas Publik Nilai Kondisi Ekonomi dan Penegakan Hukum Buruk

Lantas, Burhanuddin mengelaborasi data itu dengan survei serupa pada 12 Februari hingga 13 Februari 2024. Kala itu, hanya 33,8% responden yang menilai kondisi ekonomi buruk dan sangat buruk.

"Artinya saat pemilu, persepsi publik terkait ekonomi nasional lebih baik ketimbang yang kita temukan hari ini," jelas dia.

Survei Indikator Politik Indonesia dilakukan pada 18 Februari hingga 21 Februari 2024. Responden survei mencapai 1.227 orang yang berusia di atas 17 tahun atau sudah menikah dan memiliki telepon.

Penarikan sampel dilakukan dengan metode random digit dialing (RDD) dan wawancara melalui telepon. Margin of error sekitar ± 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat