visitaaponce.com

The Fed Catat Sedikit Peningkatan Aktivitas Ekonomi sejak Januari

The Fed Catat Sedikit Peningkatan Aktivitas Ekonomi sejak Januari
Banyak burung melewati Federal Reserve AS di Washington, DC, pada 30 Januari 2024.(AFP/Mandel Ngan)

AKTIVITAS ekonomi Amerika Serikat (AS) sedikit meningkat sejak awal tahun ini, meskipun tekanan harga masih terus berlanjut. Ini dikatakan Federal Reserve AS pada Rabu (6/3) dalam ringkasan reguler kondisi ekonominya.

Laporan baru ini merupakan indikasi terbaru bahwa perekonomian AS secara mengejutkan tetap tangguh meskipun ada keputusan The Fed untuk menaikkan suku bunga guna mengatasi inflasi yang tinggi. Sejak awal Januari, aktivitas ekonomi AS sedikit meningkat secara seimbang. Demikian pengumuman oleh The Fed dalam pembaruan rutin kondisi ekonomi yang dikenal sebagai beige book.

Secara total, delapan dari 12 distrik Fed melaporkan pertumbuhan aktivitas yang sedikit hingga sedang. Tiga distrik lain melaporkan tidak ada perubahan dan satu distrik menunjukkan sedikit penurunan aktivitas.

Baca juga : Inflasi AS Turun Secara Tahunan Tapi Bulanan Naik, Investor Khawatir

Perekonomian yang kuat merupakan kabar baik bagi Presiden AS Joe Biden saat ia bersiap menghadapi kemungkinan pertarungan ulang melawan mantan presiden Donald Trump pada November. Namun Biden menghadapi perjuangan berat untuk meyakinkan para pemilih mengenai pencapaian ekonominya ketika harga banyak barang dan jasa meningkat dalam beberapa tahun terakhir serta kemungkinan besar tidak akan turun ketika inflasi melambat.

Meskipun terdapat indikasi pertumbuhan yang kuat, The Fed mencatat bahwa belanja konsumen telah sedikit menurun. Sejumlah rumah tangga memotong pengeluaran untuk barang-barang yang bersifat diskresi dan menukar barang-barang yang lebih mahal dengan barang-barang yang lebih murah.

Buku besar The Fed menemukan bahwa lapangan kerja meningkat dengan kecepatan yang sedikit hingga moderat di sebagian besar wilayah. Di sisi lain, pengetatan pasar tenaga kerja secara keseluruhan semakin berkurang. Hal ini memudahkan pengusaha untuk mempekerjakan karyawan baru dan mempertahankan pegawai yang sudah ada.

Meskipun tekanan harga secara keseluruhan bertahan, The Fed menemukan bahwa beberapa daerah melaporkan inflasi pada tingkat yang moderat. Hal ini sejalan dengan data inflasi AS baru-baru ini yang menunjukkan tingkat kenaikan harga tahunan terus melambat, meskipun masih berada di atas target jangka panjang The Fed sebesar dua persen. (AFP/Z-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat