visitaaponce.com

Kenali dan Pahami Cara Memilih Asuransi serta Jenisnya

Kenali dan Pahami Cara Memilih Asuransi serta Jenisnya
Ilustrasi asuransi(Dok.Freepik)

KATA asuransi sudah tidak asing lagi bagi banyak orang. Sebelum memutuskan membeli asuransi, tentunya Anda perlu mengetahui jenis-jenis asuransi dan cara memilih asuransi yang tepat untuk melindungi diri dan keluarga dari risiko finansial.

Asuransi merupakan bentuk pengelolaan risiko keuangan yang melibatkan pemindahan risiko dari satu pihak (tertanggung) ke pihak lain (penanggung). Menurut Chief Proposition & Alternate Distribution AXA Financial Indonesia, Yudhistira Dharmawata, sebelum memilih asuransi, sebaiknya pastikan untuk melakukan analisis finansial dan lakukan cek profil risiko terlebih dahulu. Hal itu guna dilakukan agar asuransi yang dipilih merupakan pilihan yang tepat dan sesuai.

Berikut beberapa cara memilih asuransi yang tepat:

1. Pilihlah asuransi sesuai kebutuhan 

Baca juga : Terus Perkuat Strategi Pemasaran, Avrist Assurance kembali Resmikan KPM Baru di Jakarta Utara

Sebelum membeli, tentukan apa yang Anda butuhkan dari produk asuransi. Misalnya, jika Anda memiliki kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, pilihlah asuransi kendaraan bermotor yang dapat mengover risiko kerusakan dan kehilangan. Jangan sampai membayar premi tanpa mendapatkan manfaat yang sesuai dengan kebutuhanmu.

2. Perhatikan reputasi perusahaan asuransi

Pilihlah perusahaan asuransi dengan reputasi yang  baik. Perusahaan yang sudah berdiri lebih lama biasanya lebih dapat diandalkan dan cari informasi bagaimana perusahaan tersebut menangani tentang keluhan pelanggan. Serta hindari perusahaan dengan tingkat keluhan dan penipuan yang tinggi.

Baca juga : Punya Asuransi? Anda Harus Mengerti Prosedur Klaim

3. Pelajari produk asuransi secara detail

Anda bisa memahami manfaat, premi, dan ketentuan dari produk asuransi yang akan dibeli. Jangan ragu bertanya pada agen atau teman yang sudah menggunakan produk tersebut.

4. Lakukan review polis minimal setahun sekali

Baca juga : Klaim Asuransi Kesehatan Alami Peningkatan setelah Pandemi

Pastikan polis asuransimu masih sesuai dengan situasi dan kebutuhan saat ini. Hal itu dilakukan untuk mencegah terjadinya risiko diluar pertanggungan atau yang dijamin. Lakukan perubahan jika diperlukan.

 

Jika Anda sudah memahami cara memilih asuransi, langkah selanjutnya Anda bisa memilih jenis Asuransi apa yang ingin dibeli. 

Baca juga : X-presi Beri Perlindungan Menyeluruh Bagi Keluarga

Berikut adalah beberapa jenis asuransi:

1. Asuransi Jiwa: Memberikan perlindungan finansial terhadap risiko kematian pemegang polis. Jika tertanggung meninggal dunia, ahli warisnya menerima manfaat asuransi.

2. Asuransi Kesehatan: Melindungi dari biaya pengobatan dan perawatan medis. Penting untuk mengatasi risiko kesehatan dan memastikan akses ke layanan medis.

3. Asuransi Kendaraan Bermotor: Memberikan perlindungan finansial untuk biaya perbaikan atau penggantian kendaraan yang rusak atau hilang karena kecelakaan.

4. Asuransi Properti: Melindungi properti seperti rumah, gedung, atau barang berharga dari risiko seperti kebakaran, banjir, atau pencurian.

5. Asuransi Perjalanan: Penting bagi mereka yang sering bepergian. Menawarkan perlindungan terhadap risiko seperti pembatalan perjalanan, kehilangan bagasi, dan kecelakaan selama perjalanan.

6. Asuransi Pendidikan: Dirancang untuk memastikan pendidikan anak-anak dengan memberikan manfaat finansial pada saat yang ditentukan. (Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat