visitaaponce.com

Kebijakan Ekonomi Dipastikan Penuhi Kebutuhan Masa Mendatang

Kebijakan Ekonomi Dipastikan Penuhi Kebutuhan Masa Mendatang
Menteri Keuangan Sri Mulyani(Antara)

Arah kebijakan ekonomi Indonesia dipastikan akan mendukung kebutuhan pembangunan di masa mendatang. Penguatan kualitas sumber daya manusia (SDM), penghiliran industri pengolahan, peningkatan daya saing, hingga reformasi institusi negara akan terus dilakukan. Demikian disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat memberikan sambutan dalam kegiatan Fitch Ratings bertajuk Post-Election Political and Economic Paths, Jakarta, Rabu (15/5).

"Kita akan terus melanjutkan arah kebijakan yang ada, investasi di SDM, hilirisasi dan menciptakan nilai tambah, investasi lebih banyak pada infrastruktur untuk meningkatkan produktivitas, dan membangun institusi yang kredibel," ujar Sri Mulyani.

Pada investasi di SDM, pemerintah konsisten mengalokasikan dana esar pada sektor pendidikan dan kesehatan. Keduanya dinilai sebagai modal penting untuk menciptakan SDM berkualitas dalam mencapai visi sebagai negara maju.

Baca juga : Di Forum Internasional, Sri Mulyani Berbagi Pengalaman Perbaikan SDM RI

Penguatan pendidikan dan kesehatan juga diikuti perbaikan sistem jaring pengaman sosial. Stimulus pemerintah kepada masyarakat miskin diharapkan secara tak langsung dapat menekan jumlah penduduk miskin.

"Ini terus kita perbaiki, utamanya yang berkaitan dengan kemiskinan, stunting," kata tuturnya.

Pada sisi penghiliran, pemerintah berkomitmen mendorong hilirisasi sumber daya alam, utamanya komoditas mineral kritis untuk menciptakan nilai tambah. Nilai tambah itu nantinya akan berkontribusi pada peningkatan daya saing dan mengerek level perekonomian Indonesia secara umum.

Baca juga : Bertindak setelah Viral

Fokus pada pembangunan infrastruktur juga akan terus dilakukan. Itu salah satunya bertujuan untuk memantik dan menghadirkan pemerataan ekonomi di tiap wilayah Indonesia. Hal tersebut juga dianggap dapat menarik penanaman modal ke Indonesia lebih besar.

Kemudian, perbaikan institusi juga sangat diperlukan untuk meningkatkan pelayanan publik dan kredibilitas badan atau lembaga negara. Itu juga terkait dengan penciptaan produk hukum yang relevan dan kuat, utamanya bagi kepentingan ekonomi nasional.

"Ini semua juga sudah didesain untuk memperluas sumber perutmbuhan baru. Jadi Ini semua yang dilakukan pemerintah dan kejar setelah pemilu. Presiden terpilih yang akan menjalankan pemerintahan baru juga menyatakan akan melanjutkan yang sudah dilakukan, jadi ini yang akan kita lakukan," tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat