visitaaponce.com

Pemerintah Berupaya Hunian dari Tapera Dekat Perkantoran

Pemerintah Berupaya Hunian dari Tapera Dekat Perkantoran
Hunian Tapera diupayakan dekat dengan kantor(Antara)

KEMENTERIAN Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) terus berupaya mewujudkan hunian yang nyaman dan mudah diakses bagi masyarakat. Salah satu langkah strategis yang diambil adalah dengan membangun rumah program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) di lokasi strategis, dekat dengan pusat-pusat perkantoran.

Hal ini diharapkan dapat mempermudah mobilitas para pekerja dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Tingginya tingkat urbanisasi di Indonesia menjadi latar belakang upaya ini. Banyak masyarakat yang memilih untuk bekerja di kota-kota besar, sehingga kebutuhan akan hunian yang terjangkau dan mudah diakses pun semakin meningkat.

Baca juga : Manajemen dan Tata Kelola Tapera Harus Dipastikan Baik

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian PU-Pera Herry Trisaputra Zuna menjelaskan bahwa lokasi pembangunan rumah Tapera akan disesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan lahan. Di tengah keterbatasan lahan, pemerintah juga mendorong masyarakat untuk mempertimbangkan hunian vertikal sebagai solusi. 

"Subsidi untuk pembelian rumah vertikal pun akan dipertimbangkan kembali, mengingat harganya yang lebih tinggi dibandingkan rumah tapak,"ungkap Herry 

Komisioner BP Tapera Heru Pudyo Nugroho menambahkan bahwa ketersediaan lokasi yang strategis merupakan tantangan utama dalam membangun rumah tapak saat ini. Hal ini terutama dirasakan di wilayah perkotaan dengan harga tanah yang tinggi. Oleh karena itu, mendorong masyarakat untuk tinggal di rumah vertikal menjadi salah satu solusi yang perlu dipertimbangkan.

"Upaya pemerintah dalam menyediakan hunian yang terjangkau dan mudah diakses diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat, khususnya para pekerja di perkotaan. Kemudahan akses tempat tinggal akan meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan mereka, serta mendorong produktivitas kerja yang lebih optimal," tandas dia. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat