visitaaponce.com

Musikus asal Jepang Seka Yama Terkesan dengan Tenun Ikat NTT

Musikus asal Jepang Seka Yama Terkesan dengan Tenun Ikat NTT
Musikus Jepang, Seka Yama (tengah belakang) saat tampil di Pasar Pagi Mangga Dua, Jakarta, Sabtu (27/1).(MI/ Rahmatul Fajri)

MUSIKUS asal Jepang Seka Yama tampil menghibur penggemarnya di Kopi In Town, Pasar Pagi Mangga Dua, Jakarta Utara, Sabtu (27/1). Berpenampilan ala rocker, Seka memainkan alat musik tradisional Jepang, sanshin, dengan sentuhan music rock. Penampilan Seka kian menarik dengan mengenakan pakaian dan sepatu dengan tenun ikat asal Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT).

 

"Pakaian ini sangat keren dan cocok dengan saya," kata Seka di Pagi Mangga Dua, Jakarta Utara, Sabtu (27/1). Seka membawakan sejumlah lagu dari albumnya Seka-Yama 100%. Salah satunya lagu, Minimalis dan Halus - Setelah Nilai-nilai Corona, telah dicover oleh banyak pemain sanshin.

 

Selain memadukan pakaian dari Indonesia, Seka juga berkolaborasi dengan lelompok tari Taiko, U-maku Eisa Shinka Indonesia. Mereka tampil dengan enerjik membawakan lagu dari Seka Yama

 

"Kali ini U-maku Eisa Shinka juga request dari Seka Yama. Kita bawakan lagu rock nih, jadi bukan lagu tradisional Okinawanya. Itu perbedaan yang paling besar, itu pertama kali," katanya.

 

Lebih lanjut, Seka mengaku memadukan alat musik tradisional sanshin dengan sentuhan dan tampilan rock merupakan langkah yang belum dilakukan orang Jepang. Ia mengatakan biasanya sanshin dipadukan dengan musik pop. Kali ini, Seka memilih genre baru, yakni rock untuk dipadukan dengan sanshin agar lebih dikenal secara luas.

 

Meski demikian, Seka mengaku, ada pula orang yang tidak menyukai inovasinya karena dinilai merusak budaya tradisional.  "Kayak reluctant gitu, resistant sama hal-hal baru. Jadi dari orang-orang Okinawa yang memang udah kayak umur lebih tua gitu ya, yang nggak pernah mendengarkan lagu lain selain lagu Okinawa dimainkan dengan sanshin itu tuh banyak yang protes, banyak yang nggak suka," katanya. (M-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Bintang Krisanti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat