visitaaponce.com

Neil Young Tarik Musiknya dari Spotify karena Hoaks Soal Covid-19

Neil Young Tarik Musiknya dari Spotify karena Hoaks Soal Covid-19
Musisi Neil Young(AFP/Alice Chiche)

NEIL Young memenuhi janji untuk menarik musiknya dari Spotify setelah menuntut layanan streaming itu untuk memilih antara dirinya dan Joe Rogan, podcaster kontroversial yang ditudingnya menyebarkan hoaks.

Musisi legendaris itu merilis surat terbuka pada pekan ini menuding Spotify menyebarkan hoaks mengenasi vaksinasi covid-19 yang bisa menyebabkan kematian dengan menghadirkan podcast milik Rogan.

Pada Rabu (26/1), Young merilis surat kedua di laman daringnya, mengucapkan terima kasih kepada perusahaan rekaman Reprise Records yang mendukungnya kala berhadapan dengan Spotify.

Baca juga : Joe Rogan, Bintang Podcast Spotify yang Dituding Sebar Misinformasi

Young mengakui Spotify mencakup 60% pemasukannya dari streaming di berbagai penjuru dunia. Meski begitu Young menegaskan dirinya puas dengan keputusannya.

"Spotify telah menjadi rumah hoaks covid-19 yang bisa membahayakan jiwa. Kebohongan dibiarkan demi uang," tegas Young.

"Saya menyadari bahwa saya tidak bisa terus mendukung hoaks yang membahayakan yang disebarkan Spotify kepada para penggemar musik," lanjutnya.

Baca juga : Crosby, Stills, and Nash Ikuti Langkah Young Tinggalkan Spotify

Young memiliki 2,4 juta pengikut dan 6 juta pendengar bulanan di Spotify.

Adapun Rogan diikat dengan kontrak jangka panjang oleh Spotify, dilaporkan senilai US$100 juta.

Namun, dia dituding menjadikan podcastnya untuk menybarkan teori konspirasi dan hoaks, terutama mengenai covid-19.

Baca juga : Spotify Perpanjang Kontrak Podcast Joe Rogan

Rogan dengan tegas menentang vaksinasi untuk anak-anak dan mempromosikan penggunaan obat antiparasit Ivermectin untuk mengobati covid-19.

Spotify, dalam sebuah pernyataan resmi mengatakan, "Kami menginginkan seluruh musik dan konten audio bisa diakses oleh sleuruh pengguna Spotify. Karenanya, kami memegang tanggung jawab untuk menyeimbangkan keselamatan para pendengat dengan kebbasan kreator. Kami memiliki kebijakan yang jelas dan telah menghapus lebih dari 20 ribu podcast terkait covid-19 sejak awal pandemi."

"kami menyesalkan keputusan Neil untuk meninggalkan Spotify namun kami siap menyambutnya kembali," lanjut Spotify. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat