visitaaponce.com

Raditya Dika Beli Rumah Sendiri di Usia 28 Tahun, Gimana Caranya

Raditya Dika Beli Rumah Sendiri di Usia 28 Tahun, Gimana Caranya? 
Raditya dika mengungkapkan rahasianya bisa punya rumah pertama usia 28 tahun di acara Pesta KPR Summarecon Serpong 2023(MI/Gana Buana)

KOMIKA ternama Raditya Dika mengaku membeli rumah pertamanya di usia 28 tahun. Dirinya sampai rela ngoyoh nabung demi mewujudkan impiannya memiliki rumah sendiri

“Waktu itu emang ketika mulai punya penghasilan sendiri udah hobi nyisihin duit buat investasi, nyicil DP rumah, karena gw pribadi pengen banyak melogikakan punya rumah sendiri, bagi gw punya rumah itu artinya kita membangun memory,” kata dia di acara Pesta KPR Summarecon Serpong, Minggu (23/7).

Menurut Radit, memang tidak mudah saat Ia berusaha mengumpulkan tabungan. Ia harus rela membuang segala keinginan ‘sia-sia’ di usianya saat itu. 

Baca juga: Gandeng BTN Syariah dan BP Tapera, 403 Umat Muhammadiyah dapat Fasilitas Pembiayaan Kepemilikan Rumah

Radity Dika mengatakan, setiap orang memang dilahirkan dengan privilage mereka masing-masing. Namun, semua bisa punya rumah asalkan mereka mulai menata keuangan untuk mewujudkan hal tersebut. 

“Mulai aja dari hal kecil dulu. Misalnya memanage pengeluaran apa aja kebutuhan. Mulai catat bikin tujuan. Mulai dirapihin. Terima uang dan tujuan misalnya goalnya. Istri saya menerapkan itu saat kita masih pacaran, tiga tahun dia udah bisa punya rumah pertama,” kata Raditya Dika. 

Baca juga: Summarecon Serpong Bidik Marketing Sales Rp100 Miliar dari Pesta KPR 2023

Raditya Dika menceritakan, dulu dirinya menyisihkan 10% sampai 30% dari penghasilan bulanan yang dia dapat. Misal, dirinya yang masih muda juga pernah berprofesi sebagai wartawan berpenghasilan Rp3,7 juta per bulannya. Saat itu, dia hanya sanggup menyisihkan 10% saja dari penghasilan.

"Lalu, penghasilan bertambah dari kesempatan menulis buku, difilmkan, jadi penghasilan disisihkan naik jadi 30%. Sampai akhirnya pernah dapat bonus karena film saat itu masuk box office, jadi saat itu disisihkannya sampai 90 persen untuk beli rumah, nggak dibeliin apa-apa lagi, pokoknya mau rumah," tutur Raditya.

Menurutnya, memiliki mindset pengelolaan keuangan sejak usia muda itu sangatlah penting. Sebab bila tidak begitu, maka dijamin rumah impian ataupun target capaian hidup lainnya, tidak akan pernah terwujud.

"Gimana kita memanfaatkan rejeki yang kita terima. Kadang di kantornya sudah dapat promosi, tapi kok di tabungan jumlahnya gitu-gitu saja. Karier naik bukan berarti gaya hidup naik. Tapi bisa disimpan untuk tujuan keuangan yang penting," terangya.

Di samping itu, memiliki rumah impian juga harus memperhatikan lingkungan tempat tinggal. Seperti fasilitas penunjang, tetangga, sampai ruangan di rumah yang bisa fleksibel dimanfaatka. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat