visitaaponce.com

Ras Muhamad Eksplorasi Warna Baru di Album Kaleidoscope vo.1

Ras Muhamad Eksplorasi Warna Baru di Album Kaleidoscope vo.1
Musiis reggae Ras Muhamad(Dok. MI)

RAS Muhamad yang menjadi ikon musik reggae di Indonesia, telah menjalani kariernya selama 20 tahun. Kini ia berevolusi menjadi produser musik dan penulis lagu lintas genre. Dengan lagu-lagu hitnya seperti Salam, Learn to Grow dan Farmerman, Ras Muhamad telah mengelilingi dunia dengan musiknya.

Pada ulang tahunnya, 29 Oktober, dia pun merayakannya dengan merilis album baru bertajuk Kaleidoscope vo.1. Album barunya tersebut menjadi begitu personal karena Ras Muhamad mengangkat isu kesehatan mental yang menjadi fokusnya saat ini.

Album itu digarap kurang lebih dua tahun dan terinspirasi dari kisah-kisah pribadi, pengalaman cinta, kerentanan, kegelapannya, dan juga masa pandemi, semua ia ungkapkan di dalamnya.

Baca juga : Promosi Album Golden, Jungkook BTS Jadi Bintang Tamu di The Tonight Show Jimmy Fallon

Dengan penggarapan selama dua tahun itu pula Ras Muhamad mengambil jeda reggae dan lebih mengeksplorasi yang ada dalam dirinya sebagai manusia dan seniman.

Secara musik, proyek tersebut sangat berorientasi dan didominasi gitar, banyak di lagu-lagu di album ini, Ras Muhamad sendiri yang menulis dan memainkan bagian gitar.

Baca juga : 25 Tahun Berkarir, Band Element Gelar Konser Tunggal Desember 2023

Beragam warna gitar dan tekniknya diisi mulai dari gitarlele, gitar akustik, gitar elektrik dan juga seven string gitar yang terdengar sebagai distorsi. Sehingga di album barunya tersebut dia seperti menyajikan eksplorasi yang berbeda.

"Kaleidoscope vol. 1 adalah tahap dan evolusi di mana saya melihat proyek tersebut sebagai perpaduan ramuan musik pop yang diadu dengan semangat metal dan sikap punk di dalam latar belakang Hiphop," kata Ras Muhamad lewat siaran pers yang diterima Media Indonesia.

Kaleidoscope vol. 1 dirilis di bawah naungan label independen milik Ras Muhamad, Black Coral Music. Lagu lepas yang sebelumnya sudah rilis terlebih dulu adalah Like Summer dan Sand Castle. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat