visitaaponce.com

Lagu Negeri di Awan Di-Remastered dan Dirilis di Platform Digital

Lagu Negeri di Awan Di-Remastered dan Dirilis di Platform Digital
Katon Bagaskara(ANTARA/Fikri Yusuf)

PERGERAKAN musik tanah air yang sangat dinamis akhir-akhir ini, didorong menjamurnya platform digital dan juga media sosial, menjadikan setiap lagu mendapat tempatnya sendiri. Tidak sering kita jumpai, lagu yang dirilis tahun 90-an tiba-tiba viral, artis yang berada di belahan ujung Bumi tiba-tiba suaranya sampai terdengar di Indonesia, begitupun sebaliknya. Sebut saja, lagu Berharap Tak Berpisah yang dipopulerkan oleh Reza Artamevia pun naik pamornya, berkat peran media sosial.

Sejalan dengan visi Aquarius Musikindo, untuk selalu menyentuh setiap generasi dengan karya terbaik, geliat itu disambut baik dengan kembali merilis ulang salah satu lagu terbaik 1994, Negeri di Awan, yang diciptakan Katon Bagaskara bersama Andre Manika, dalam versi Remastered 2024.

Negeri di Awan (Remastered 2024) ini langsung ditangani audionya oleh pemenang Grammy Awards Randy Merrill dari Sterling Sound, Edgewater, NJ – Amerika Serikat (AS). 

Baca juga : Dendi Nata Merilis Single Terbaru Bahagia Akan Datang

Negeri di Awan sendiri merupakan lagu andalan dalam album solo perdana Katon Bagaskara yang bertajuk self-titled Katon Bagaskara, yang dirilis pada 1994.

 

Baca juga : Namira Rilis Lagu 'Bukan Aku yang Kau Cinta'

Menilik sedikit ke belakang, lagu Negeri di Awan, yang musiknya diarransemen oleh Billy J Budiarjo itu, ternyata menjadikan Dataran Tinggi Dieng sebagai inspirasinya. 

Lewat pesan suara atau voice note, Katon bercerita kisah dirinya dan kakaknya, Andre Manika, sedang berada di Dieng kala itu, dan lahirlah lagu, Negeri di Awan ini.

“Kita bisa merasakan kita begitu dekat dan menyatu dengan alam saat itu. Di alam kita bisa merasakan rasa damai, rasa sayang, dijaga oleh alam dan juga dimengerti secara indah dan penuh kasih. Negeri di Awan bukanlah sosok, melainkan “rasa”, ujarnya.

Baca juga : Nadhif Basalamah Rilis Single Tiba-Tiba Jumat Lagi

Uniknya, Negeri di Awan, untuk pertama kali dan mungkin satu-satunya musik video yang digarap oleh sutradara dan produser film handal Garin Nugroho. 

Musik video dari lagu Negeri di Awan sendiri mendapatkan penghargaan sebagai video klip terbaik VMI 1996 dan lagu Negeri di Awan mendapatkan penghargaan sebagai Lagu Terbaik BASF AWARD 1996 juga. (RO/Z-1)

Baca juga : Single Ketiga Bernuansa Galau Angie Zelena Dirilis

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat