visitaaponce.com

Penyebab Alzheimer Bisa Muncul dari Dalam MulutPenyebab Alzheimer

Penyebab Alzheimer Bisa Muncul dari Dalam MulutPenyebab Alzheimer
Penyebab Alzheimer Bisa Muncul dari Dalam MulutPenyebab Alzheimer(SCIENCE ALERT)

BEBERAPA tahun terakhir banyak studi ilmiah mendukung hipotesis alzheimer bukan hanya penyakit, melainkan juga infeksi. Para peneliti memiliki salah satu petunjuk pasti terkait dengan bakteri penyebab alzheimer, yaitu penyakit gusi.

Dalam makalah baru yang dipimpin penulis senior Jan Potempa, ahli mikrobiologi dari Universitas Louisville, mereka melaporkan penemuan Porphyromonas gingivalis--patogen penyebab penyakit gusi--pada otak pasien alzheimer yang telah meninggal.

Dalam percobaan lain dengan menggunakan tikus, infeksi oral dengan patogen dapat menyebabkan kolonisasi otak oleh bakteri, bersamaan dengan meningkatnya produksi amiloid beta.

Selain itu, tim mengidentifikasi enzim beracun yang disebut gingipain yang disekresi bakteri di otak pasien alzheimer. Namun, tim juga mengidentifikasi gingipain beracun di otak orang meninggal yang tidak didiagnosis menderita alzheimer.

Menurut mereka, identifikasi terhadap antigen gingipain pada otak individu dengan penyakit alzheimer dan juga dengan patologi penyakit alzheimer, tetapi tidak ada diagnosis demensia menunjukkan infeksi otak dengan P gingivalis ialah peristiwa awal yang menjelaskan patologi yang ditemukan pada individu paruh baya sebelum penurunan kognitif. (Sciencealert/Rkp)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Panji Arimurti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat