visitaaponce.com

Yayasan di Taiwan Sumbang 140 Ribu APD untuk Indonesia

​​​​​​​Yayasan di Taiwan Sumbang 140 Ribu APD untuk Indonesia
jurit TNI AU membongkar muat sejumlah kotak kardus berisi Alat Pelindung Diri (APD) dari pesawat saat tiba di Lanud Soewondo Polonia, Medan(ANTARA/SEPTIANDA PERDANA)

SALAH satu yayasan di Taiwan, Yayasan Ishihara memberikan bantuan berupa 140 ribu Alat Pelindung Diri (APD) dengan kualitas terbaik yang dipesan dari Phnom Penh, Kamboja. 

Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kemenko Marves, Purbaya Yudhi Sadewa, menyampaikan bantuan ini diangkut menggunakan fasilitas TNI Angkatan Udara (TNI AU).

Menurut Purbaya, krisis pandemi yang melanda dunia saat ini menyebabkan krisis APD di seluruh dunia. Hampir semua negara yang terjangkit pandemi ini mengalami kelangkaan APD.

“Di tengah langka dan sulitnya mendapatkan APD, baik itu berupa baju risiko tinggi, baju pelindung biasa atau bahkan masker, kita masih bisa mendapatkannya, bahkan dengan kualitas yang terbaik. Apresiasi tertinggi juga kami sampaikan kepada pimpinan TNI AU yang telah membantu mengirimkan pesawat Hercules beserta awaknya ke Phnom Penh untuk menjemput bantuan ini,” ujar Purbaya.

Baca juga: Gandeng Jasa Raharja, YBKB Donasikan APD ke Tenaga Medis

Adapun yayasan ini secara keseluruhan mengirimkan 15 set ventilator, 140 ribu set APD, 20 ribu alat pelindung wajah dan masker medis sebanyak 300 ribu buah yang dipesan dari beberapa negara. Di antaranya, Kamboja, Filipina dan Taiwan sendiri. 

Menurut Yayasan tersebut bantuan medis yang dikirimkan dalam tiga gelombang tersebut adalah produk-produk dengan kualitas terbaik.

Sebagai informasi, pesawat bersama 13 awaknya berangkat dari Pangkalan AU Halim Perdanakusuma pada Jumat pagi (24/4) untuk menjemput bantuan seberat 12.256 kg yang terdiri 140 ribu set APD bernilai US$540 ribu. Setelah bermalam di Pangkalan Udara Kepulauan Natuna, Sabtu pagi pesawat ini melanjutkan perjalanan ke Jakarta. (A-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Dwi Tupani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat