visitaaponce.com

Menanamkan Jiwa Kepemimpinan Harus Sejak Masih di Bangku Sekolah

Menanamkan Jiwa Kepemimpinan Harus Sejak Masih di Bangku Sekolah
Latihan Dasar Kepemimpinan Awal (LDKA) yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom, Kamis (29/7).(Ist)

PADA dasarnya, semua peserta didik atau siswa adalah seorang pemimpin. Minimal, seorang siswa menjadi pemimpin untuk dirinya sendiri untuk menjadi seorang siswa yang baik dan berprestasi.

“Kedua, untuk menjadi pemimpin harus membuat strategi sehingga mendapatkan hasil sesuai harapan,” kata Kepala SMA Negeri 8 Jakarta, Rita Hastuti, dalam acara Latihan Dasar Kepemimpinan Awal (LDKA) yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom, Kamis (29/7).

Dalam LDKA yang diikuti 353 peserta, Rita Astuti juga menjelaskan ketiga, berkomunikasi yang baik, keempat, bertanggung jawab, dan kelima memiliki tujuan yang jelas serta konsisten.

Untuk membekali para siswa, narasumber Varhan Abdul Aziz, S. Kom, M.Si, memberi materi tentang bagaimana meningkatkan kemampuan public speaking. “Mempelajari kemampuan berbicara yang baik di depan publik, merupakan hal yang wajib dimiliki setiap pemimpin,” kata Varhan.

“Dengan kemampuan public speaking, seorang pemimpin mampu memengaruhi yang dipimpinnya untuk bergerak mengikuti visi dan misi mencapai tujuan bersama,” jelas Varhan.

Dalam kegiatan LDKA, diawali dengan pembiasaan tadarus ayat suci Al-Quran dan motivasi dari guru bimbingan dan konseling. Sementara itu, Ketua Komite SMA Negeri 8 Jakarta, Ir. Junito Ahmad Haryono memberi motivasi kepada para peserta dan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan.

Sementara itu materi penutup menghadirkan H. Aris Setyawan, S. Tp, C.Ht. yang memberi tips cara untuk memanajemen waktu yang baik.  Namun dalam penyajian materi, Aris mengajak peserta didik untuk berinteraksi dua arah.

Tak mengherankan, para siswa tampak sangat antusias dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan. Bahkan sesi ini berlangsung sangat meriah, dan antusias peserta didik tidak dapat terbendung. (RO/OL-09)  

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat