visitaaponce.com

Penanggung Jawab Masjid Harus Awasi Prokes Selama Ibadah

Penanggung Jawab Masjid Harus Awasi Prokes Selama Ibadah 
Umat Islam melaksanakan salat Tarawih di Masjid Raya Bandung, Jawa Barat.(Antara)

SATGAS Penanganan Covid-19 mengingatkan pihak masjid atau musala menyiagakan petugas atau tim khusus. Tim tersebut bertanggung jawab untuk mengawasi protokol kesehatan selama jemaah beribadah.

"Penanggung jawab masjid atau musala harus memastikan pelaksanaan protokol kesehatan selama ibadah Ramadan dan Idulfitri," ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam keterangan resmi, Rabu (13/4).

Menurut Wiku, petugas khusus tersebut juga berperan menyosialisasikan pentingnya protokol kesehatan kepada jemaah. Lalu, mengingatkan jemaah bila ada yang lalai menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi covid-19.

Baca juga: Periode Mudik Ujian Menjaga Kasus Covid-19 Terkendali

"Kepada masyarakat, diperbolehkan melakukan salat tarawih, iktikaf, tadarus Al-Qur'an, pengajian, zakat, infaq, sedekah dan wakaf, dengan tetap mematuhi semua protokol kesehatan," imbuhnya.

Sementara itu, pihaknya meminta masyarakat mempertimbangkan faktor urgensi dan risiko penularan covid-19 saat hendak beraktivitas. Hal itu mencakup sahur di jalan, ngabuburit, buka bersama atau kegiatan open house.

Baca juga: Kemenag: Ramadan Momen Tepat Mempercepat Vaksinasi

"Mohon selalu memantau perkembangan peraturan terbaru yang berlaku di domisili atau tujuan perjalanannya," pungkas Wiku.

Lebih lanjut, dia menegaskan bahwa pengendalian penularan covid-19 sangat krusial. Sebab, kondisi pandemi covid-19 di Indonesia semakin membaik.

"Perlu diingat bagi populasi rentan, seperti lansia, orang dengan penyakit penyerta dan orang yang belum divaksin lengkap, agar berhati-hati dalam melakukan interaksi sosial," tutupnya.(OL-11)

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat