visitaaponce.com

Orang Pandai Matematika Punya Pendapatan dan Kepuasan Hidup Tinggi

Orang Pandai Matematika Punya Pendapatan dan Kepuasan Hidup Tinggi
Ilustrasi belajar berhitung.(AFP/Sergio Flores.)

PENELITIAN menunjukkan bahwa pendidikan terkait dengan kepuasan hidup yang lebih tinggi, tetapi masih belum jelas alasannya. Penelitian baru yang diterbitkan di PLOS One menemukan bahwa kecerdasan numerik yang lebih tinggi dikaitkan dengan tingkat pendapatan yang lebih tinggi. Ini kemudian dikaitkan dengan lebih banyak kepuasan dengan kehidupan dan pendapatan seseorang.

"Teori ekonomi klasik menunjukkan bahwa kecerdasan menghasilkan keputusan yang lebih baik, lebih banyak kekayaan, serta tingkat kegembiraan dan kepuasan hidup yang lebih tinggi. Kebijaksanaan konvensional memberi tahu kita bahwa kebalikannya bisa benar, 'Ketidaktahuan ialah kebahagiaan.' Artinya, menjadi pintar ada harganya dan harga itu mengurangi kepuasan hidup," jelas penulis studi Pär Bjälkebring dan Ellen Peters sebagaimanan dilansir psypost.org.

Ada penelitian untuk mendukung kedua teori ini tentang kecerdasan berhubungan dengan kepuasan hidup. Secara khusus, penelitian menunjukkan kecerdasan numerik--kemampuan memahami dan menggunakan konsep matematika--mungkin sangat penting dalam kaitan dengan kepuasan hidup seseorang.

"Kecerdasan numerik berpotensi penting karena angka menginstruksikan, menginformasikan, dan memberi makna pada informasi yang dimaksudkan untuk meningkatkan penilaian dan pilihan sehari-hari. Mereka yang memiliki pemahaman lebih besar terkait itu umumnya memahami lebih banyak informasi numerik serta membuat penilaian dan pilihan yang lebih baik ketika angka dilibatkan," urai para penulis.

Selanjutnya, orang-orang yang memiliki kecerdasan numerik tinggi cenderung memiliki pendapatan yang lebih besar dan cenderung tidak menganggur dalam jangka panjang terlepas dari pendidikan dan kemampuan kognitif lain. Pendapatan penting untuk kepuasan hidup karena lebih banyak pendapatan biasanya mengarah pada kepuasan hidup yang lebih besar. Namun, penting untuk dicatat bahwa orang tidak menilai kebahagiaan berdasarkan pendapatan absolut, tetapi berdasarkan pendapatan relatif bagi orang lain.

Baca juga: Kakak Mengalah, Pemuda Indonesia ini Tembus Harvard dan Beri Beasiswa

Para peneliti menggunakan data dari survei yang dilakukan oleh Understanding America Study (UAS) yang bertempat di University of Southern California (USC). Partisipasi dilakukan secara online. Pengumpulan data dimulai pada 2014 dan data lengkap dari hingga 26 April 2018. Data ini digunakan untuk analisis untuk sampel akhir dari 5.525 orang dewasa yang berbasis di AS.

Peserta memberikan informasi demografi seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, dan tingkat pendapatan. Mereka juga menyelesaikan ukuran objektif berhitung (kecerdasan numerik) dan kecerdasan verbal. Mereka juga menyelesaikan ukuran kepribadian lima mesar, semisalnya extraversion, agreeableness, conscientiousness, neuroticism, dan openness untuk menilai level mereka dari masing-masing sifat ini. Terakhir, peserta menunjukkan seberapa besar mereka puas dengan penghasilan mereka dan seberapa puas mereka dengan kehidupan mereka.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang lebih banyak berhitung memiliki pendapatan lebih tinggi, pendidikan lebih tinggi, dan kecerdasan verbal lebih besar. Berhitung juga terkait dengan kepuasan pendapatan yang lebih besar dan kepuasan hidup yang lebih besar. 

Indikator pendapatan terbaik ialah tingkat pendidikan, kecerdasan numerik, dan kecerdasan verbal. Variabel-variabel ini menyumbang 25% dari varian pendapatan sedangkan ciri-ciri kepribadian lima besar hanya menyumbang 3,4%. Untuk mengilustrasikan dampak berhitung, para peneliti mencatat bahwa perbedaan pendapatan antara mereka yang terendah dan tertinggi pada skala berhitung sekitar US$36.000/tahun terlepas dari pendidikan, kecerdasan verbal, usia, jenis kelamin, atau ciri kepribadian.

Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa kecerdasan berhitung berhubungan dengan kepuasan pendapatan yang lebih tinggi dan kepuasan hidup lebih besar melalui tingkat pendapatan. Dengan kata lain, hasilnya menunjukkan bahwa dengan memiliki lebih banyak pendapatan, berhitung dapat meningkatkan pendapatan dan kepuasan hidup. Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa pada tingkat pendapatan yang lebih rendah, angka yang tinggi dikaitkan dengan kepuasan pendapatan lebih rendah dan kepuasan hidup lebih kecil. Selanjutnya, tingkat pendapatan memiliki pengaruh yang kecil terhadap kepuasan pada mereka yang memiliki keahlian berhitung lebih rendah.

Baca juga: CDC Sebut Kasus Cacar Monyet Serang Pelaku Homoseksual

"Singkatnya, data kami menunjukkan bahwa berhitung objektif memiliki efek tidak langsung pada evaluasi kehidupan melalui pendapatan dan itu memoderasi hubungan pendapatan untuk kedua variabel kepuasan. Data ini mendukung anggapan kami bahwa mereka yang lebih tinggi dan lebih rendah dalam berhitung objektif menggunakan pendapatan secara berbeda untuk mengevaluasi kehidupan mereka, terlepas dari tingkat pendidikan atau kecerdasan verbal mereka," ujar para penulis menyimpulkan.

Para peneliti mengutip beberapa keterbatasan untuk pekerjaan ini termasuk sifat korelasional dari data ini yang membuatnya tidak tepat untuk membuat klaim tentang kemampuan berhitung menyebabkan perubahan pendapatan atau pendapatan/kepuasan hidup. Studi tentang Uang Penting terutama jika Anda Pandai Matematika Berhitung, Kecerdasan Verbal, Pendidikan, dan Pendapatan dalam Penilaian Kepuasan diterbitkan 24 November 2021. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat