visitaaponce.com

Transportasi Publik Jerman Terancam Lumpuh Total

Transportasi Publik Jerman Terancam Lumpuh Total
Suasana sepi di Stasiun Frankfurt, Jerman.(AFP/KIRILL KUDRYAVTSEV)

SERIKAT buruh transportasi Jerman atau Verdi mengumumkan akan memulai aksi pemogokan secara nasional pada Jumat (2/2). Sekitar 90 ribu anggotanya di lebih dari 100 kota turut serta dalam aksi yang menuntut kenaikan gaji ini.

Wakil Ketua Verdi Christine Behle mengatakan pemogokan akan terjadi di hampir semua negara bagian, kecuali Bavaria. “Karena perundingan perundingan bersama telah dilakukan di semua wilayah, namun belum membuahkan hasil apa pun. Sekaranglah saatnya untuk memberikan tekanan lebih besar pada pengusaha,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Sekitar 90 ribu pekerja angkutan umum di lebih dari 100 kota di Jerman diperkirakan akan berhenti bekerja. Dampaknya membuat semua trem dan bus lokal di seluruh wilayah tersebut tidak akan beroperasi.

Baca juga: Kronologi Arnold Schwarzenegger Tertahan Imigrasi Jerman karena Arloji

Pada perundingan putaran pertama pekan lalu, serikat pekerja dan perusahaan transportasi tidak mencapai kesepakatan mengenai upah dan kondisi kerja.

Baca juga: Jerman Lanjutkan kembali Ekspor Senjata ke Saudi, ini Alasannya

Di negara bagian Brandenburg, Saarland, Saxony-Anhalt dan Thuringia, serikat pekerja sedang bernegosiasi dengan perusahaan transportasi mengenai upah. Di beberapa negara bagian lainnya, negosiasi terutama mengenai perbaikan kondisi kerja, tunjangan hari raya, dan periode liburan yang lebih panjang bagi para karyawan. (Anadolu/Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat