visitaaponce.com

Nose Sanitizer Bisa Jadi Pilihan untuk Tangkal Covid-19

Nose Sanitizer Bisa Jadi Pilihan untuk Tangkal Covid-19
Nose sanitizer.(DOK IST)

JUMLAH kasus covid-19 mengalami peningkatan beberapa hari terakhir. Diduga itu karena varian omicron BA4 dan BA5. Kementrian Kesehatan pun memprediksi puncak gelombang covid-19 di Indonesia terjadi di pertengahan Juli besok.

Tren kenaikan jumlah kasus itu disinyalir disebabkan oleh semakin longgarnya penerapan protokol kesehatan oleh masyarakat dan masuknya varian baru yang berpotensi mampu menerobos imunitas dalam tubuh atau immune escape.

Sejak kali pertama terdeteksi di Afrika Selatan pada awal tahun ini, varian baru omicron itu telah ditemukan di lebih dari 60 negara dan menjadi salah satu penyebab munculnya lagi gelombang covid-19, termasuk di Indonesia. 

Ketua WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus telah mengingatkan bahwa omicron bukan akhir dari pandemi covid-19, sehingga negara-negara dan masyarakat dunia diminta untuk tetap waspada.

Di Indonesia, pemerintah mengantisipasi penyebaran varian BA4 dan BA5 dengan meningkatkan Whole Genome Sequencing (WGS), melakukan studi epidemiologi sebaran varian, dan memastikan efektivitas alat testing khususnya di pintu-pintu masuk, serta meningkatkan vaksinasi.

Sebenarnya penyebaran dapat dicegah dengan menerapkan protokol kesehatan dan pola hidup sehat, terutama menjaga kebersihan tangan dan hidung, yang merupakan pintu masuknya berbagai virus ke dalam tubuh.

Baca juga: Atasi Covid-19, Dinkes DKI Dapat Bantuan 28 Ribu Botol Hand Sanitizer
 
Virus sendiri dapat lolos dari masker, maka diperlukan teknologi yang dapat mencegah virus masuk menuju paru-paru, yaitu nose sanitizer yang memiliki peran yang sangat penting karena dapat membunuh semua jenis virus yang sudah masuk di rongga hidung dan rongga tenggorokan. 

Salah satu perusahaan yang mengembangkan nose sanitizer ialah SaNOtize. Perusahaan asal Kanada itu telah berinovasi mengembangkan noze sanitizer bernama Enovid yang merupakan alat kesehatan yang menghasilkan Nitric Oxide yang mampu membunuh berbagai virus, termasuk Covid-19.

SaNotize dalam keterangannya pada Kamis (16/6), menyebut bahkan sebelum terjadi pandemi covid-19, Enovid telah dievaluasi untuk mengobati sinusitis kronis dan luka diabetes. Formulasi dalam Enovid pun telah dipatenkan dan diberi nama Nitric Oxide Releasing Solution atau NORS. 

Sebelum resmi diedarkan, Enovid telah melalui uji klinis fase 3 yang dilakukan di India terhadap pasien covid-19 yang beresiko mengalami peningkatan penyakit, pasien yang tidak divaksinasi, pasien dalam kelompok usia menengah dan lebih tua serta pasien dengan penyakit penyerta (komorbid).

Hasilnya, jangka waktu penyembuhan covid-19 untuk pasien yang diberikan Enovid rata-rata adalah 4 hari dibandingkan dengan 8 hari pada kelompok plasebo (tidak diberikan Enovid).

Enovid telah masuk ke Indonesia sejak Februari 2022 dan dapat ditemukan di berbagai apotek serta beberapa toko daring seperti Shopee dan Tokopedia. (R-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat