visitaaponce.com

Pendidikan dalam Keluarga Faktor Utama Pencegahan Anak pada Narkotika

Pendidikan dalam Keluarga Faktor Utama Pencegahan Anak pada Narkotika
Finalis Putri Indonesia Olvah Alhamid (kedua kiri) membawa poster Hari Anti Narkotika Internasional di Banda Aceh, Aceh, Sabtu (25/6/2022)(ANTARA/AMPELSA)

DALAM upaya mencegah terjadinya paparan narkotika di terhadap anak ada banyak faktor yang mendukung. Namun yang paling utama adalah pendidikan dalam keluarga dan komunikasi menjadi hal yang paling utama.

Kepala Perwakilan BKKBN Kalimantan Timur Sunarto mengatakan pendidikan dalam keluarga menjadi faktor utama dan pertama karena anak yang mendapatkan pendidikan dalam keluarga akan mempengaruhi proses pembentukan mental dan tingkah laku.

"Keluarga juga menjadi elemen yang penting dalam membentuk entitas pendidikan seperti menciptakan proses, sosial, membentuk kepribadian, belajar memberi dan sebagainya karena akan terkam terus pada memori anak," kata Sunarto dalam webinar Bincang Sehat Bersama Moeis Hari Anti Narkoba Internasional dan Hari Keluarga Nasional 2022 secara daring, Sabtu (25/6).

Baca jugaKasus Covid-19 Nasional Bertambah 1.831 Orang

Namun, lanjut Sunarto, fungsi pendidikan dalam keluarga tidak bisa berjalan dengan baik jika komunikasi antara anak dan orang tua macet atau seperlunya. Padahal keluarga berkualitas maka akan menghasilkan generasi atau orang yang berkualitas.

"Ketika keluarga sudah bisa menciptakan manusia yang berkualitas maka dengan sendirinya Indonesia juga akan menjadi negara yang berkualitas," ujarnya.

Penyalahgunaan narkotika di kalangan remaja akan menghambat upaya negara menciptakan generasi yang berkualitas yang akan berdampak pada lingkungan, pendidikan, hidup dan sebagainya jika terkontaminasi oleh narkoba.

Diketahui Indonesia akan menghadapi bonus demografi jika tidak dipersiapkan akan menjadi masalah karena anak bisa tumbuh dalam lingkup narkotika, atau berperilaku buruk sehingga dan tidak berkontribusi pada masyarakat dan berakhir pada narkotika. (H-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat