visitaaponce.com

Anak-Anak Jepang Belajar Berjalan dengan Cara yang Unik

Anak-Anak Jepang Belajar Berjalan dengan Cara yang Unik
Seorang anak sekolah menyeberang jalan di lingkungan Toyosu Tokyo.(AFP/Charly Triballeuau.)

CARA berjalan seorang anak dapat memberi tahu dokter banyak tentang kesehatan dan perkembangannya. Namun transisi dari balita yang terhuyung-huyung menjadi remaja yang mondar-mandir tidak seuniversal yang Anda kira.

Itu tergantung pula pada tempat seorang anak tumbuh. Gaya berjalan mereka mungkin berakhir dengan cara yang sedikit berbeda. 

Pada usia 7 tahun, sebagian besar penelitian menunjukkan jarak dan waktu langkah kaki anak sesuai dengan konsistensi dan koordinasi berjalan orang dewasa, tidak peduli tempat anak itu tumbuh. Namun pada saat yang sama, penelitian lain menemukan fluktuasi langkah-langkah yang halus dalam cara anak-anak yang lebih besar berjalan. Variasi ini tampaknya bertahan selama tungkai bawah seseorang yang kurus terus tumbuh sampai awal masa remaja dan mereka dapat dipengaruhi oleh budaya. 

Di Afrika Selatan, misalnya, para peneliti menemukan anak-anak usia sekolah dasar sudah menunjukkan sudut rotasi pinggul yang matang ketika mereka berjalan. Namun di Prancis, dibutuhkan anak-anak hingga sekitar usia 12 tahun untuk mengembangkan pola gaya berjalan yang sama matangnya. 

Studi baru dari Jepang menemukan perbedaan yang lebih halus dalam cara kita belajar berjalan seperti orang dewasa. 
Tidak seperti anak-anak di Afrika Selatan, anak-anak di Jepang tidak menunjukkan perubahan signifikan pada gerakan rotasi pinggul mereka seiring bertambahnya usia.

Mengamati sekelompok anak sekolah yang cukup besar, para peneliti di Jepang menemukan anak-anak yang mendekati usia 12 tahun memiliki kekuatan pergelangan kaki yang lebih besar daripada anak-anak yang lebih muda. Panjang langkah dan tapak kaki mereka lebih kecil serta irama mereka juga lebih cepat dari anak usia 6, 7, dan 8 tahun. 

Di bagian lain dunia, seperti Meksiko, studi tentang gaya berjalan masa kanak-kanak juga ditemukan penurunan langkah dan panjang langkah saat anak tumbuh dewasa. Namun irama langkah ini tetap sama atau menurun setelah usia 7 tahun.

"Oleh karena itu," penulis studi itu menulis, "Kinematika dan kinetika anak-anak Jepang berusia 6-12 tahun berbeda dari yang dilaporkan pada anak-anak dari negara lain. Perubahan terkait usia dalam irama dan langkah serta panjang langkah tampaknya serupa di seluruh dunia. Namun, nilai yang dinormalisasi sedikit berbeda dari yang ada dalam penelitian kami."

Meskipun variasinya halus, mereka layak untuk diketahui. Menilai gaya berjalan anak dapat memberi tahu banyak dokter anak tentang kesehatan umum dan perkembangan fisik pasien mereka dan mereka tumbuh dengan cara yang khas atau tidak. 

Itulah sebabnya dalam beberapa tahun terakhir telah ada upaya untuk mengembangkan standar nasional di berbagai negara di dunia. Studi saat ini di Jepang merupakan upaya untuk memberikan standar tersebut. Para peneliti menggunakan sistem analisis gaya berjalan 3D untuk mengetahui anak-anak berusia antara 6 dan 12 tahun menggunakan anggota tubuh bagian bawah mereka untuk berjalan.

Di antara 424 anak di Jepang, penulis menemukan empat perbedaan perkembangan yang penting. Dibandingkan dengan anak-anak yang lebih muda, anak-anak yang lebih tua dalam penelitian ini meningkatkan jumlah langkah yang mereka ambil setiap menit, tingkat yang dikenal sebagai irama. Panjang langkah dan tapak kaki mereka juga berkurang dibandingkan dengan anak-anak berusia 9 hingga 10 tahun. 

Terlebih lagi, ketika berjalan, anak-anak tertua dalam penelitian ini menggunakan lebih sedikit rentang gerak di lutut mereka dan cenderung lebih banyak mengarahkan jari kaki. "Kami percaya bahwa perbedaan gaya hidup, bentuk tubuh, dan faktor budaya memengaruhi gaya berjalan anak-anak Jepang," kata ilmuwan kesehatan Tadashi Ito dari Universitas Nagoya sebagaimana dilansir sciencealert.com

Baca juga: Jalan Kaki usai Makan Bantu Kadar Gula Darah Stabil

"Ini tidak akan memengaruhi kesehatan anak-anak Jepang. Namun itu menunjukkan karakteristik yang berbeda dari anak-anak di negara lain." 

Dalam mengungkapkan perbedaan-perbedaan halus itu, hasil penelitian, "Menyediakan alat penting untuk menilai gaya berjalan normal dan patologis dan dapat menentukan efektivitas perawatan ortopedi dan rehabilitasi untuk gangguan gaya berjalan," tambah Ito. Cara anak-anak bergerak jelas berbeda dengan cara orang dewasa bergerak. Sebagian besar dari kita dapat membedakannya secara sekilas. 

Alasan perbedaan itu terjadi adalah keingintahuan umum. Apakah ada perkembangan alami dari pembelajaran yang terlibat dalam berjalan seperti orang dewasa? Atau apakah ada sesuatu yang berubah secara fisik pada seorang anak saat mereka tumbuh? 

Studi tentang perbedaan budaya antara gaya berjalan manusia jarang terjadi, bahkan studi yang mempelajari berbagai kelompok umur terjadi lebih jarang. Temuan seperti penelitian di Jepang tentu menunjukkan ada hubungan yang berperan. Studi ini dipublikasikan di Scientific Reports. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat