visitaaponce.com

Bangau Kreasi Mahasiswa UGM Mampu Usir Bakteri dan Tungau

Bangau Kreasi Mahasiswa UGM Mampu Usir Bakteri dan Tungau
Tiga dari lima mahasiswa UGM yang menemukan kreasi bantal Antibakteri dan Tungau disingkat Bangau. Marsyela Tri Aryani, Alda Anisah, Silvia(MI/Ardi T Hardi)

LIMA mahasiswa UGM berkreasi menciptakan bantal antibakteri dan tungau. Bantal yang diberi nama Bangau (Bantal Antibakteri dan Tungau) itu berbahan limbah sabut kelapa, enceng gondok, dan ekstrak daun sirih.

Mereka yakni Marsyela Tri Aryani, Silvia Rahmawati, Alda Anisah, dan Rizal Aziz Pradana  dari Sekolah Vokasi, serta Luthfia Uswatun Khasanah dari Fakultas Biologi. Penelitian ini dilakukan di bawah bimbingan Dosen Bisnis UGM, Saiqa Ilham Akbar BS., S.E., M.Sc melalui  Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan yang berhasil didanai oleh Kemendikbudristek tahun 2022.

Produk ini diberi nama Bangau (Bantal Antibakteri dan  Tungau) diklaim dapat mencegah potensi munculnya tungau, alergi, dan penyebab alergen lainnya yang berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia.

Marsyela menceritakan, ide awal pembuatan bantal ini dari keprihatinan terhadap persoalan eutrofikasi tanaman eceng gondok yang merusak perairan karena pertumbuhannya relatif cepat. Di sisi lain, pihaknya juga prihatin akan banyaknya limbah sabut di masyarakat yang belum termanfaatkan dengan baik.

Setelah melakukan kajian pustaka dari sejumlah jurnal,  mereka menemukan fakta bahwa enceng gondok berpotensi sebagai tanaman obat. Enceng gondong mengandung senyawa aktif fenol, flavonoid, tanin, alkaloid, terpenoid, steroid, dan glikosida yang memiliki peranan secara biologis sebagai antioksidan, antijamur, antibakteri, dan antikanker.

"Kami ingin mengolah limbah-limbah tersebut dan berfikir mengembangkan produk  yang lekat dengan kebutuhan manusia berbahan kedua limbah itu. Lalu tercetus ide membuat bantal," terang Marsyela di Ruang Fortakgama UGM, Gedung Pusat UGM, Jumat (2/9).

Bantal dibuat dengan 100% bahan alami, mulai dari isian hingga luaran bantal. Produk yang dikembangkan tidak hanya mengurai persoalan lingkungan, tetapi juga menghadirkan produk yang bermanfaat bagi kesehatan.

Marsyela menambahkan, bantal berpotensi menjadi salah satu media penyaluran penyakit dan alergi jika tidak dirawat dengan baik, seperti malas mengganti sarung bantal dan tidak rutin menjemur di bawah matahari. Hal itu akan menjadikan tungau maupun bakteri semakin berkembang.

Padahal, tungau maupun bakteri bisa menyebabkan persoalan serius bagi kesehatan, terutama orang dengan sistem kekebalan tubuh rendah bisa menimbulkan reaksi alergi seperti dermatitis, asma, rhinitis, batuk, mata kering, dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Guna mencegah penyebaran dan pertumbuhan bakteri, mereka memanfaatkan daun sirih (Piper betle L.) yang diketahui mengandung senyawa yang berperan sebagai antibakteri yaitu saponin, tanin, flavonoid, dan fenol.

Daun sirih digunakan karena terdapat minyak atsiri yaitu clavikol yang berperan mematikan agen Sarcoptes scabiei dalam menghentikan aktivitas tungau agar permukaan luka tidak memburuk. Penggunaan daun sirih diekstrak dan direaksikan dengan limbah enceng gondok.

Proses produksi Bangau, lanjut dia, produksi diawali dengan penganyaman eceng gondok kering menjadi berbentuk lilitan kecil maupun sedang. Anyaman bantal kemudian direbus dengan ekstrak daun sirih agar ekstrak dapat tercampur merata pada anyaman.

Setelah itu, pengeringan dan penyemprotan dilakukan kembali ekstrak daun sirih secara merata. Lalu, anyaman dimasukkan ke dalam plastik selama 12 jam agar ekstrak daun sirih dapat meresap ke dalam anyaman.

Selanjutnya dilakukan pengolahan sabut kelapa sebagai bahan isian bantal. Pengolahan untuk mengubah sabut kelapa yang kasar menjadi tekstur yang hampir menyerupai woll atau benang. Tahap pengolahan sabut kelapa dilakukan melalui beberapa tahapan seperti pemutihan, penghalusan, dan pengeringan.

Tahapan terakhir, lanjut dia, berupa memasukan serat woll dari sabut kelapa dan limbah biji kapuk randu untuk menambah volume bantal sebelum dilakukan penjahitan. Adapun produk BANGAU dibuat berbentuk segi empat berukuran 35 x 35 cm berwarna coklat dengan nuansa alami dan tradisional.

Alda Anisah menambahkan, dalam memasarkan produk, mereka menggunakan website dan media sosial seperti Instagram, Tiktok, dan Facebook untuk memperkenalkan Bangau kepada konsumen.

Konsumen bisa mendapatkan produk Bangau dengan melakukan pemesanan melalui Whatsapp dan marketplace seperti Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Selanjutnya, penjualan produk secara offline secara bertahap akan dilakukan dengan membuka home industry dengan produk Bangau yang telah siap dipasarkan kepada konsumen.

Bantal Bangau dijual dengan disertai dengan cairan spray antibakteri berukuran 30 ml. Satu paket produk dibanderol seharga Rp115.000,- .

"Kami juga melakukan pelayanan purna jual kepada konsumen yaitu memberikan pelayanan reparasi dan atau penggantian produk cacat selama masa garansi, serta pemberian diskon kepada pelanggan pada hari-hari besar tertentu," papar dia.

Silvia Rahmawati mengatakan, perawatan Bangau cukup mudah karena tidak perlu memakaikan atau mengganti sarung bantal. Bantal hanya cukup dengan dijemur di bawah panas matahari lalu diberikan spray antibakteri dan diangin-anginkan saja.

Bangau, lanjut dia, juga mendukung upaya optimalisasi pemanfaatan sumber daya hayati di Indonesia dan ramah lingkungan. "Bangau hadir sebagai alternatif pengganti bantal kapuk dan sintetis yang diharapkan bisa meningkatkan kualitas tidur pengguna dan merasa aman karena
ada fungsi kesehatan sebagai antibakteri dan tungau," tutup dia. (OL-13)

Baca Juga: Tak Kalah Kreatif, Saatnya Kreator Konten Lokal Dilirik

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat