visitaaponce.com

Sering Berhubungan Intim Ternyata Bisa Bantu Tunda Menopause

Sering Berhubungan Intim Ternyata Bisa Bantu Tunda Menopause
Ilustrasi(journal.sociolla.com)

BERHUBUNGAN intim dengan frekuensi yang lebih sering dapat menunda menopause pada perempuan. Hal itu terungkap dalam sebuah studi pada 2020yang diterbitkan dalam jurnal Royal Society Open Science.

Seperti disiarkan Health, belum lama ini, perempuan yang melakukan hubungan intim setiap minggu memiliki kemungkinan 28% lebih kecil untuk mengalami menopause lebih cepat daripada perempuan yang melakukan hubungan seks kurang dari sekali dalam sebulan.

Menopause merupakan bagian normal dari bertambahnya usia. Hal itu secara khusus mendefinisikan sebagai titik waktu 12 bulan setelah seorang perempuan mengalami menstruasi terakhirnya.

Baca juga: Menopause tidak untuk Ditakuti Tapi Dihadapi

Namun, terkait alasan berhubungan intim lebih sering bisa menunda menopause, studi tidak mengeksplorasi hal itu. 

Tetapi, menurut peneliti studi Megan Arnot, mungkin perempuan  perimenopause tidak ingin berhubungan seks. 

Jika seorang perempuan tidak berhubungan seks, dia tidak akan hamil sehingga tidak ada gunanya mempertahankan fungsi ovulasi.

Ovulasi juga membutuhkan banyak energi dari tubuh dan itu bisa menurunkan fungsi kekebalan tubuh. Jadi mungkin ada titik dalam hidup saat lebih baik berhenti berovulasi dan menginvestasikan energi di tempat lain apabila pasangan memutuskan tidak akan punya bayi.

Sementara itu, profesor klinis kebidanan dan ginekologi dan ilmu reproduksi di Yale University Medical School Mary Jane Minkin mengatakan perempuan yang terlambat memasuki menopause menyiratkan ada lebih banyak estrogen untuk menjaga kenyamanan vagina.

"Dan, sayangnya, saya melihat banyak perempuan pascamenopause tidak dapat berhubungan seks karena kekeringan dan nyeri vagina," kata Minkin.

Pakar OB-GYN di Winnie Palmer Hospital for Women and Babies di Orlando, Florida Christine Greves menambahkan melakukan hubungan seks yang relatif sering selama periode perimenopause dan menopause juga dapat membantu mengurangi rasa sakit seiring waktu karena dapat membantu menjaga elastisitas vagina.

Dia menyimpulkan berhubungan seks secara teratur tentu tidak ada salahnya. (Ant/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat