visitaaponce.com

Mengenali Sakit Perut Sebelah Kiri dan Penyebabnya

Mengenali Sakit Perut Sebelah Kiri dan Penyebabnya
Ilustrasi(Freepik)

SAKIT perut merupakan gangguan kesehatan yang sering terjadi karena mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan tertentu. Biasanya, sakit perut terjadi karena saluran pencernaan yang terganggu. 

Anda mungkin pernah mengalami sakit perut sebelah kiri. Usus besar terletak pada pada bagian kiri perut dan pada perempuan di sinilah letak ovarium. 

Jika Anda merasa sakit perut yang bisa dibilang ringan, sakit tersebut dapat membaik dalam satu atau dua hari setelahnya.

Baca juga: Nyeri Hebat saat Haid Jangan Dianggap Sepele, Bisa Berabe

Namun, jika sakit tersebut berlangsung selama beberapa hari, ada baiknya Anda untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Penyebab sakit perut sebelah kiri

1. Ovulasi

Ovulasi merupakan sebuah fase yang terjadi pada perempuan yang dikenal dengan masa subur. Ovulasi akan menimbulkan perasaan sakit atau kram pada bagian perut tersebut. Gejala lainnya yang dapat terjadi ketika perempuan mengalami ovulasi adalah timbulnya rasa mual dan keputihan.

2. Gastritis

Gastritis terjadi ketika lapisan lambung mengalami iritasi, peradangan, atau pengikisan hingga menimbulkan rasa sakit. Pada umumnya, gastritis disebabkan oleh infeksi bakteri H. Pylori, yaitu bakteri yang menghasilkan lendir di lapisan lambung.

3. Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal dapat berupa infeksi ginjal dan batu ginjal. Pada infeksi ginjal, gejala yang timbul berupa sakit perut sebelah kiri bawah, demam, mual dan muntah, serta nyeri di pangkal paha. 

Sedangkan jika disebabkan oleh batu ginjal, gejala yang umum terjadi berupa sakit perut kiri bagian bawah, keinginan buang air kecil terus-menerus, sensasi panas saat buang air kecil, dan urine yang berdarah.

4. Radang Pankreas

Jika terjadi gangguan pada organ tersebut, akan timbul perasaan sakit pada perut bagian kiri atas hingga ke punggung. Gangguan yang kerap terjadi adalah peradangan pada pankreas yang dapat menimbulkan rasa sakit ketika berbaring, makan, dan minum. 

5. Radang Usus Besar

Peradangan yang terjadi pada usus besar disebabkan oleh dinding saluran pencernaan yang mengalami peradangan. Rasa sakit perut tersebut dapat hilang setelah pengidapnya buang air besar.

Cara mengatasi keluhan sakit perut sebelah kiri

  • Mengompres perut dengan handuk yang telah direndam air hangat
  • Memperbanyak minum air putih
  • Mengonsumsi makanan dengan porsi sedikit, tetapi sering dan pilihlah makanan yang bertekstur lembut
  • Mengunyah makanan secara perlahan
  • Menghindari makanan pedas, asam, dan berlemak
  • Menghindari konsumsi minuman berkafein, soda, dan alkohol
  • Hindari mengonsumsi obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), seperti aspirin dan ibuprofen, karena dapat menyebabkan iritasi lambung. 

Anda dapat mengonsumsi obat simethicon untuk menghilangkan gas di dalam perut, antasida atau peredam asam untuk mengatasi sakit perut akibat penyakit asam lambung, obat pencahar atau pelunak tinja untuk mengatasi sakit perut akibat sembelit dan loperamide atau bismuth subsalicylate, untuk menghilangkan kram perut akibat diare.

Segera periksakan ke dokter jika Anda merasa sakit perut tersebut tidak hilang-hilang. (OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat