visitaaponce.com

Perayaan Natal 2022 Tempat Ibadah Bisa Diisi 100 Persen

Perayaan Natal 2022 Tempat Ibadah Bisa Diisi 100 Persen
Misa Malam Natal di Gereja Katolik Stasi Santo Yosep, Kota Medan, Sumatera Utara, Jumat (24/12/2021) dibatasi karena pandemi covid.(dok.ant)

MENTERI Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan pada perayaan Natal 2022, tempat ibadah umat kristiani dapat diisi 100 persen.

Hal tersebut diungkapkannya setelah menggelar rapat koordinasi (Rakor) lintas sektoral di Gedung Rupatama, Mabes Polri Jakarta Selatan, pada Jumat (16/12).

Yaqut mengatakan bahwa tidak ada pembatasan dalam rangka pelaksanaan ibadah pada hari raya natal 2022 mendatang. Ia mengatakan bahwa hal tersebut sesuai instruksi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) merujuk pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level satu.

"Pelaksanaan ibadah juga tidak ada pembatasan. Karena menurut instruksi Kemendagri, PPKM sudah level satu semua. Artinya sudah dilakukan kebebasan-kebebasan yang terukur," kata Yaqut.

Akan tetapi, Yaqut mengatakan, tempat ibadah yang menggelar perayaan Natal 2022 tidak diperbolehkan menyiapkan tenda-tenda untuk menampung jamaah. Tempat ibadah hanya diperbolehkan menampung jamaah sesuai dengan kapasitasnya.

"Untuk tempat ibadah kita batasi maksimal 100 persen. artinya tidak boleh ada tempat ibadah yang melaksanakan ibadah natal nanti membuat tenda-tenda diluar untuk peribadatan," papar Yaqut.

Selanjutnya, Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo juga mengatakan bahwa tempat ibadah dapat menampung jamaah dengan presentasi 100 persen.

"Sesuai dengan keputusan bahwa aktivitas kegiatan khusunya kapasitas di tempat ibadah boleh di isi 100 persen," kata Sigit.

Selanjutnya, untuk pengamanan Natal 2022 sendiri Sigit menjelaskan bahwa pihaknya telah menggandeng TNI dan sejumlah unsur-unsur organisasi masyarakat (Ormas).

"Tentunya terkait dengan keamanan kami sudah sepakat bahwa selain TNI-Polri, maka dari unsur - unsur masyarakat ormas, teman - teman dari Banser, GP Ansor, dan lainnya akan ikut sehingga kemudian penyelenggaraan ini betul - betul bisa berjalan dengan baik," papar Sigit. (OL-13)

Baca Juga: Single Terbaru dari Penyanyi Nara Koe untuk Gerakan 10 Ribu Cinta

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat