visitaaponce.com

Liburan Nataru Tetap Prokes dan Vaksin, Pakar Segera Tes saat Bergejala

Liburan Nataru Tetap Prokes dan Vaksin, Pakar : Segera Tes saat Bergejala
Ilustrasi(Antara)

SEBANYAK 41.117 orang divaksin booster hari ini sehingga total masyarakat yang sudah divaksin booster pertama sebanyak 68 juta orang.

Sedangkan untuk vaksin pertama totalnya mencapai 203,9 juta, vaksin kedua 174,6 juta, dan vaksin keempat 1,1 juta. Satgas Penanganan Covid-19 juga mencatat 1.1297 orang terkonfirmasi covid-19, kasus aktif turun menjadi 1.511 orang, 2.781 orang dinyatakan sembuh, dan 27 orang meninggal.

Epidemiolog Universitas Indonesia (UI) Masdalina Pane mengatakan untuk menghadapi Libur Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru) masyarakat juga harus mempersiapkan diri dan fisik untuk melakukan perjalanan karena penularan covid-19 bisa terjadi karena fisik yang lelah dan imun yang menurun.

"Standarnya tetap mematuhi protokol kesehatan terutama di wilayah publik. Kita tidak boleh bosan terus mengedukasi masyarakat terutama pada penggunaan masker dan menjaga jarak," ucapnya.

Ia mengatakan masyarakat diharapkan segera melakukan test PCR atau Antigen ketika mengalami gejala. "Waktu terbaik melakukan PCR ketika gejala ringan terdeteksi. Kalau untuk kontak erat pada hari ke-6 setelah kontak dengan kasus konfirmasi," kata Masdalina. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat