visitaaponce.com

Lima Kebiasaan agar Tubuh Tetap Sehat Versi Kementerian Kesehatan

Lima Kebiasaan agar Tubuh Tetap Sehat Versi Kementerian Kesehatan
Sejumlah pengunjung melihat produk pertanian dalam Pasar Tani di Pesona Square, Depok, Jawa Barat.(Antara/Asprilla Dwi Adha.)

MEMILIKI tubuh sehat dan tak gampang sakit tentu menjadi impian bagi semua orang agar dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan efektif. Salah satu yang bisa dilakukan untuk mencapai hal tersebut yakni mengatur asupan dan pola makan. 

Menurut Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Kementerian Kesehatan, ada lima hal yang harus dijadikan kebiasaan agar tubuh tetap sehat. Pertama, minum air putih paling sedikit delapan gelas atau dua liter per hari. 

Kedua, perbanyak konsumsi buah dan sayur setiap hari. Ketiga, pilih sumber pangan yang segar dan diolah dengan cara direbus atau dikukus.

Keempat, batasi konsumsi kecap, saus, penyedap rasa, pemanis, pengawet, dan perasa sintetis. Kelima, budayakan membaca label sebelum memilih makanan kemasan atau siap saji.

Adapun waktu makan yang dianjurkan adalah sarapan, makan siang, dan makan malam. Disarankan pula untuk mengonsumsi camilan sehat di waktu siang dan sore hari. (Ant/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat