visitaaponce.com

Orang Miskin Bertanya kepada Guru Bijak tentang Kesulitan Hidupnya

Orang Miskin Bertanya kepada Guru Bijak tentang Kesulitan Hidupnya
Ilustrasi.(MI/Amiruddin Abdullah.)

ADA seorang yang miskin bertanya kepada sang guru yang bijak. Ia bertanya tentang penyebab kehidupannya yang sangat miskin dan sulit.

Bagaimana cerita selanjutnya? Simak terus kisah penuh hikmah ini.

"Mengapa aku menjadi orang yang sangat miskin dan selalu mengalami kesulitan hidup?" kata orang miskin tersebut. Sang guru menjawab, "Itu karena engkau tidak pernah berusaha untuk memberi kepada orang lain." 

"Saya tidak punya apapun untuk diberikan kepada orang lain," sahut orang miskin. Sang guru bijak memberikan keterangan lagi. "Sebenarnya kamu masih punya banyak untuk kamu berikan kepada orang lain."

Orang mskin kembali bertanya, "Apakah itu hai guru bijak?" Sang guru bijak lantas menjabarkan hal itu. Berikut daftar nasihat guru bijak itu.

1. Dengan mulut yang kamu punya, kamu bisa memberikan senyuman dan pujian.
2. Dengan mata yang kamu punya, kamu bisa memberikan tatapan yang lembut. 
3. Dengan telinga yang kamu punya, kamu bisa memberikan perhatian.
4. Dengan wajah yang kamu punya, kamu bisa memberikan keramahan.
5. Dengan tangan yang kamu punya, kami bisa memberikan bantuan dan pertolongan pada orang lain yang membutuhkan, dan masih banyak lagi. 

Baca juga: Anak Baca Yasin di Makam Ibunda, Arwah Permakaman Bahagia

Sang guru melanjutkan petuahnya. "Jadi sesungguhnya kamu bukanlah miskin, hanya tidak pernah mau memberi kepada orang lain. Itulah yang menyebabkan orang lain dan alam semesta juga tidak pernah mau memberikan apapun kepada dirimu."

"Engkau akan terus seperti ini jika engkau terus tidak mau memberi dan berbagi kepada orang lain dan siapa pun karena terus merasa kekurangan dan tidak memiliki apapun dalam hidupmu. Pulanglah dan berbagilah kebaikan kepada orang lain dari yang masih kamu punya agar orang lain dan alam semesta juga mau berbagi kebaikan kepadamu dan hidupmu bisa berubah." (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat