visitaaponce.com

Festival Kopi Media Indonesia 2023 Perkuat Ekosistem Industri Kopi RI

MEDIA Indonesia kembali menghadirkan acara spesial Festival Kopi Nusantara sebagai salah satu rangkaian spesial HUT Ke-53 Media Indonesia yang akan berlangsung dari 1 Februari hingga 3 Februari 2023 di Gedung Media Group, Jakarta Barat.

Ketua Panitia HUT 53 Media Indonesia Saiful Bachri mengungkapkan, Festival Kopi Nusantara menjadi sebuah tradisi HUT Media Indonesia sejak 2018 lalu. Acara ini merupakan wujud dari upaya mengembangkan generasi muda untuk lebih berinovasi dan berkreasi.

"Media Indonesia membuktikan bahwa kita merupakan media yang concern dengan industri kopi serta memperkuat ekosistem industri kopi di Indonesia," kata Saiful saat dihubungi, Selasa (31/1).

Menurut data International Coffee Organization pada tahun 2018, Indonesia merupakan negara penghasil kopi terbesar keempat di dunia setelah Brazil, Vietnam, dan Kolombia. Peringkat Indonesia turun, dari yang tadinya menempati posisi ketiga di dunia.

Padahal, Indonesia memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan industr kopi. Hal itu terlihat dari angka ekspor kopi Indonesia yang meningkat setiap tahunnya.

Pada Festival Kopi 1 Februari 2023, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo direncanakan akan hadir untuk membuka acara.

Saiful menjelaskan tahun ini pihaknya memberikan ruang selebar-lebarnya bagi para pegiat industri kopi dari hulu ke hilir untuk menceritakan kisahnya bergulat dalam ekosistem kopi Indonesia.

"Jadi tahun ini kita akan mengundang komunitas dari Asosiasi Kopi Indonesia dan memberikan ruang untuk para petani kopi menceritakan di atas panggung, bercerta tentang kopinya tentang produknya," ucap dia.

Baca juga: Walhi: Kejahatan Lingkungan Sebabkan Banyak Bencana Ekologis

Harapannya, dengan adanya acara ini para pegiat kopi dari hulu ke hilir bisa mendiskusikan dengan berbagai pihak, terutama regulator untuk menumbuhkan industri kopi di indonesia.

"Karena banyak hal yang masih terkendala di industri kopi kita. Jadi masalah dari mulai pembibitan, penanaman, penyemaian, produksi kemudian marketing dan seterusnya itu kemudian standar macam-macam itu juga belum diatur oleh pemerintah. Kalau di negara luar, di Brazil harga kopi sudah diatur pemerintah sehingga petani bisa terlindungi. Jadi semoga permasalahan ini bisa didiskusikan di sini," beber dia.

Adapun, dalam tiga hari pelaksanaan Festival Kopi Media Indonesia yang kelima, akan ada sejumlah rangkaian acara. Di antaranya pameran produk kopi dan jajanan nusantra, live streaming talkshow dan launching buku, tamiya racing, hiburan dan musikal, serta program Nunggu Sunset.

Adapun, talksow yang dihadirkan akan menghadirkan sejumlah tokoh-tokoh berpengaruh. Di antaranya Menteri Parekraf Sandiaga Uno, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, gubernur daerah penghasil kopi, CEO Kopi Kenangan dan tokoh-tokoh lainnya.

Pada 3 Februari 2023 juga akan ada kuliah umum yang disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dengan tema Kondisi Ekonomi dan Fiskal di Tahun Politik dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dengan tema Menggenjot Investasi di Tahun Sulit.

Selain itu akan ada sejumlah tenant yang meramaikan acara tersebut. Di antaranya 41 booth dari berbagai UMKM kopi nusantara dan internasional, enam foodtruck dan delapan jajanan khas nusantara.

"Termasuk di sini nanti akan ada ada beberapa lomba yang kita sajikan, terutama lomba final cipta dan baca itu akan dihadirkan di atas panggung. Termasuk entertain sama seperti tahun sebelumnya, akan ada Oom Leo Berkaroke untuk special performance-nya," pungkas dia. (OL-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akhmad Mustain

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat