visitaaponce.com

Fakultas Teknik UP Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat di Bogor

Fakultas Teknik UP Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat di Bogor
FTUP memberikan penyuluhan dan pelatihan kepada perangkat desa dan masyarakat dalam penggunaan peralatan listrik secara efisien.(Ist)

PROGRAM Studi Teknik Sipil dan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Pancasila (FTUP) Jakarta menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Sukagalih, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kegiatan PKM yang bertema "Effisensi dan Perawatan penggunaan listrik untuk rumah ibadah dan jalan ini" melibatkan civitas akademik antara lain Ir Akhmad Dofir MT dan Ir Imam Hagni Puspito MT dari Teknik Sipil, serta Gunady Haryanto ST MT dari Teknik Elektro. Juga, sebanyak 10 mahasiswa dari Teknik Sipil dan 5 mahasiswa dari Teknik Elektro.

Ketua Tim PKM FTUP Akhmad Dofir menjelaskan kegiatan tersebut merupakan salah satu dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Mengingat, kondisi eksisting Desa Sukagalih khususnya pada prasarana jalan pada malam hari belum terdapat sarana penerangan jalan.

Dengan tak adanya sarana penerangan, masyarakat memiliki kendala baik untuk melakukan ibadah sholat termasuk warga yang akan melakukan pengajian di masjid Al-Hikmah.

Masyarakat di Desa Sukagalih, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.sangat dibutuhkan sarana penerangan tersebut.

Gunady Haryanto menambahkan kegiatan PKM dilakukan dengan memasang lampu penerangan jalan umum (PJU) sebagai sarana penerangan jalan menuju rumah ibadah (Masjid Al-Hikmah),

Selain itu, FTUP memberikan penyuluhan dan pelatihan kepada perangkat desa dan masyarakat dalam penggunaan peralatan listrik secara efisien serta teknis dalam pemeliharaan serta perawatannya.

"Pemasangan lampu penerangan jalan sebanyak 7 titik. Material tiang lampu dari baja ringan (zincalum) yang diberi lampu jenis LED dengan penutup/kap sebagai pelindung terhadap hujan, dan untuk kabel yang digunakan sesuai standar PLN (SNI)," jelas Gunady.

PKM yang dimulai sejak 9 Juli sampai 30 Agustus 2022 itu melewati evaluasi hasil pemanfaatan PKM pada 4 Januari 2023 dan ditutup oleh Wakil Dekan I FTUP Dr Herawati Zetha R ST MT. (RO/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat