visitaaponce.com

Macam-Macam Kue Kering Lebaran Terfavorit

Macam-Macam Kue Kering Lebaran Terfavorit
Pekerja menyelesaikan pembuatan kue kering di Kelurahan Purwosari, Kudus, Jawa Tengah.(Antara/Yusuf Nugroho.)

ANEKA kue kering merupakan salah satu hal yang harus disiapkan menjelang Lebaran. Terdapat berbagai macam resep yang dapat Anda coba untuk menghiasi meja tamu Anda pada Lebaran tahun ini.

Anda dapat mencoba nastar, kastengel, kue sagu, putri salju, aneka cookies, dan masih banyak resep aneka kue kering terbaru lain. Kue kering ini dapat bertahan berbulan-bulan.

Lidah kucing

Bentuknya yang panjang dan pipih mirip lidah kucing maka kue kering ini disebut lidah kucing. Proses pembuatan kue khas Lebaran ini bisa dilakukan cukup unik yakni memanggang dengan bentuk pipih membuatnya menjadi renyah, tetapi saat digigit ada rasa manis susu yang lumer di mulut.

Baca juga: Aneka Resep Dessert Box yang Lagi Tren

Kue semprit

Kue semprit berbentuk seperti mawar juga matahari, sehingga banyak yang menyebutnya kue mawar. Tekstur dan cita rasanya mirip kue kering sagu, tetapi terasa lebih kering saat digigit dan tidak mudah hancur di dalam mulut.

Kue kacang tanah

Kue kacang tanah memiliki rasa khas yang manis dan gurih. Untuk membuat kacang tanah, kamu membutuhkan oven karena adonan perlu dipanggang hingga mengering.

Baca juga: Resep Mi Ayam Simpel ala Abang Pedagang Keliling

Kue putri salju

Kue ini memiliki tekstur padat namun ketika sampai di mulut, adonan meluruh bercampur dengan gula halus.

Kue kastengel

Kue kering khas Lebaran ini menggunakan keju sebagai bahan utama, sehingga rasa yang dihasilkan asin dan gurih serta bikin nagih.

Kue nastar

Selain nanas, ada pula yang menggunakan selai stroberi, cokelat, dan blueberry sebagai isian. Olesan keju pada permukaan atas menjadikan kue kering nastar terasa lebih gurih di lidah.

Kue sagu

Teksturnya padat dengan rasa yang manis dan gurih. Variasi rasa dari kue kering khas Lebaran favorit ini yang populer antara lain sagu keju dan sagu cokelat kacang.

Kue satu

Kue Satu merupakan kue kering yang sudah menjadi warisan kuliner Jawa Barat sejak dulu. Kue berbahan dasar kacang hijau ini disebut kue satu karena setiap bahan yang digunakan memiliki perbandingan satu.

Kue kembang goyang

Disebut kembang goyang karena cara membuatnya digoreng pada cetakan berbentuk bunga dan digoyangkan hingga adonan terlepas dari cetakan. Kue kering khas Lebaran ini memiliki rasa yang manis dan gurih.

Kue keciput

Kue ini mirip dengan onde-onde karena bagian luarnya dibalut dengan kacang wijen. Hanya, ukurannya kecil dan memiliki rasa yang gurih. Pembuatannya dilakukan dengan cara digoreng, sehingga teksturnya garing.

Pastel kering

Kue kering ini memiliki bentuk yang sama seperti pastel pada umumnya, hanya dengan ukuran kecil. Pada isiannya terdapat abon yang membuat makanan ini menjadi gurih dan lezat.

Kue biji ketapang

Kue kering lebaran khas betawi ini berbahan dasar kelapa, sehingga memiliki rasa yang gurih plus manis. Proses pembuatannya juga dengan cara digoreng sehingga tidak memakan waktu lama untuk membuatnya.

Kue cornflakes

Cornflakes sebenarnya merupakan keripik jagung yang biasa disantap sebagai sereal. Tekstur renyah dari cornflakes yang gurih disatukan dengan rasa dari adonan kue yang manis membuat kue cornflakes jadi favorit banyak orang.

Kue bangkit

Kue kering khas lebaran ini juga merupakan oleh-oleh kuliner khas Riau. Kue ini memiliki rasa yang manis dan saat digigit, kue ini langsung lumer di mulut.

Kue tambang

Ada juga yang mengenalnya dengan kue untir-untir. Disebut kue tambang karena pada proses pembuatannya dari adonan panjang diplintir hingga terbentuk menyerupai tambang. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat