visitaaponce.com

Susah Mendapatkan Pekerjaan Cek Tips dan Trik Berikut

Susah Mendapatkan Pekerjaan? Cek Tips dan Trik Berikut
Ilustrasi- pencari kerja(Antara)

SULIT mendapatkan pekerjaan bukanlah hal yang menjadi rahasia lagi. Di tengah zaman modern sekarang ini, jumlah pencari kerja memang semakin membludak. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, ada 937.176 orang yang mencari kerja di Indonesia pada 2022. Jumlah tersebut mengalami penurunan 65,76% dibandingkan tahun sebelumnya, sebanyak 2,74 juta orang.

Di sisi lain, Bank Indonesia (BI) melaporkan indeks ekspektasi ketersediaan lapangan kerja turun dari level 129,7 pada Februari 2022 menjadi 126,4 di Maret 2022. Sedangkan rata-rata orang berganti pekerjaan 10-15 kali selama karier profesional mereka.

Nah, gimana? Perang para pencari kerja is real. Solusinya kamu harus makin pintar dalam mencari pekerjaan. Jadi, apa aja cara mencari kerja? Yuk di scroll terus sampai bawah untuk temukan jawabannya.

Baca juga: Gen Z Lebih Sadar untuk Uji Kebenaran Informasi dari Medsos

1. Cari Pekerjaan sesuai dengan Skills!

Melamar pekerjaan sebanyak mungkin tentu bukan hal yang asing bagi kandidat. Akan tetapi, perusahaan membuka lowongan tentu untuk mencari kandidat dengan keahlian yang dicari. Maka dari itu, skill sangatlah penting selama penyeleksian berkas dan interview. Pastikan kamu melamar pekerjaan sesuai dengan skills atau bidang yang kamu pelajari sehingga kamu bisa mendapatkan pekerjaan dengan cepat. 

Baca juga: Cegah Komplikasi dengan Teknologi DR.Laser

Apabila seorang lulusan akuntansi melamar sebagai arsitek, tentunya akan menjadi penghambat. Dua bidang tersebut sangat jelas berbeda. Namun akan berbeda, ketika kamu memiliki pengalaman. 

Lalu bagaimana dengan fresh graduate tanpa pengalaman kerja? Jika kamu belum memiliki pengalaman untuk menerapkan skill yang kamu pelajari, bisa dilatih kok. 

Walaupun kamu berasal dari jurusan yang tidak sesuai, kamu bisa dipertimbangkan ketika punya pengalaman dan skill yang sesuai dengan ketentuan yang diberikan HRD. Jadi jangan sampai salah dan asal melamar, ya!

2. Isi Profil lengkap dan Masukan keyword yang sesuai.

Menurut, Sawitri selaku Country Marketing Manager, Jobstreet Indonesia menyebutkan bahwa langkah kedua untuk mendapat pekerjaan cepat adalah dengan mengisi profil yang lengkap atau kualifikasi sesuai dengan pekerjaan yang mau dilamar.

3. Profil harus di non- privasi.

Sawitri menambahkan dengan non privasi atau tanpa di kunci terhadap profil dari calon pekerja, maka perusahaan dapat melihat secara cepat profil tersebut.

"Profil itu harus dipilih mau opening for higher atau company untuk melihat atau di closed. Kalau di open berarti perusahaan bisa melamar dia tetapi, kalau closed alias tutup cuma dia yang bisa melamar," kata Sawitri di Jakarta, Selasa (11/04).

4. Lamar sebanyak-banyaknya

Sawitri menyarankan pencari pekerja melamar lebih dari satu perusahaan. Langkah itu membantu pencari kerja untuk mudah mendapatkan pekerjaan, karena bagi Sawitri persaingan begitu ketat saat seseorang mencari pekerjaan.

5. Persiapkan Interview

Di tahap inilah kamu bisa membuktikan segala pengalaman serta kemampuan yang kamu cantumkan di CV secara langsung di depan HR. Dengan interview yang sukses, HRD akan lebih mempertimbangkan kamu dengan kandidat lainnya.

Berikut ini beberapa tips untuk sukses interview:

  1. Datang lebih awal agar kamu memiliki waktu untuk menenangkan diri dan memeriksa kelengkapan.
  2. Gunakan pakaian interview yang sesuai.
  3. Lakukan perkenalan diri saat interview dengan kalimat yang jelas.
  4. Jaga kontak mata selama interview dengan melihat mata HRD saat berbicara.
  5. Pertahankan postur tubuh yang baik dengan duduk tegak. 
  6. Gunakan ekspresi wajah dan gestur tangan yang natural saat interview. 
  7. Siapkan beberapa pertanyaan untuk ditanyakan di akhir interview pada HRD.
  8. Ucapkan terima kasih saat interview sudah selesai. 

Dengan begitu, rasa percaya diri kamu akan terlihat jelas oleh HR. Akan tetapi, bagaimana jika kamu gugup selama interview? Tenang! Latihlah kemampuan interview kamu dengan simulasi interview yang disediakan oleh JobStreet.

Nah itulah cara cepat mencari kerja yang dapat kamu terapkan, semoga bermanfaat. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat