visitaaponce.com

Puncak Arus Balik 24-25 April, Jokowi 203 Ribu Kendaraan Akan Lewati Tol Jakarta-Cikampek

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) mengatakan puncak arus balik akan terjadi pada 24 dan 25 April 2023. Berdasarkan data Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terdapat kelonjakan kendaraan yang akan melintasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek. 

"Setidaknya 203.000 kendaraan per hari dari arah timur Jalan Tol Trans Jawa dan dari arah Bandung diperkirakan akan melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek," ujar Presiden Jokowi dalam keterangan videonya yang diunggah di akun Youtube Sekertariat Presiden, Senin (24/4).

Jokowi menjelaskan angka tersebut melonjak tajam dibandingkan hari normal, sebanyak 53.000 kendaraan. Oleh karena itu, ia mengajak masyarakat untuk ikut mengurai potensi kepadatan di Jalan Tol Jakarta Cikampek. 

Baca juga: Pemudik Diimbau Kembali ke Jakarta Setelah Puncak Arus Balik

"Pemerintah mengajak masyarakat yang tidak ada keperluaan mendesak untuk menghindari puncak arus balik tersbut dengan cara menunda atau mengundurkan jadwal kembali mudik," jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengimbau kepada para pemudik yang tidak memiliki kepentingan mendesak untuk pulang ke Jakarta pada kisaran tanggal 27 April sampai 30 April 2023. Hal itu dilakukan agar menghindari penumpukan pemudik di puncak arus balik. 

Baca juga: Kapolri Sebut Arus Balik 2023 Tertinggi dalam Beberapa Tahun Terakhir

"Agar masyarakat yang tidak terburu urusannya dan tidak terlalu mendesak untuk segera kembali diharapkan menunda jadwal kembali ke Jakarta. Tentu saja bagi mereka yang memang tidak mungkin menunda tidak ada larangan untuk tetap balik tanggal 24 dan 25 April 2023," kata Muhadjir dalam konferensi pers yang diselenggarakan secara virtual, Minggu (23/4). (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat