visitaaponce.com

Cegah Lonjakan Arus Balik, Jokowi Minta Pemudik Tunda Jadwal Kepulangan Ke Jakarta

Cegah Lonjakan Arus Balik, Jokowi Minta Pemudik Tunda Jadwal Kepulangan Ke Jakarta
Ilustrasi -arus balik(Antara)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) meminta pemudik menunda kepulanganya dari kampung halaman. Penundaan itu untuk menghindari puncak arus mudik pada 24-25 April 2023. 

"Pemerintah mengajak masyarskat yang tidak ada keperluaan mendesak untuk menghindari puncak arus balik tersebut dengan cara menunda (kepulangan)," ujar Presiden Jokowi dalam keterangan video yang diunggah di akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (24/4).

Jokowi berharap pemudik dapat kembali ke daerah perantaunya setelah tanggal 25 April 2023. Instruksi ini berlaku bagi masyarakat yang berprofesi sebagai aparatur sipil negara (ASN), TNI, Polri, hingga pegawai swasta. 

Baca juga: Puncak Arus Balik 24-25 April, Jokowi: 203 Ribu Kendaraan Akan Lewati Tol Jakarta-Cikampek

Himbaun ini dikeluarkan menyusul data Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang mencatat terdapat potensi kelonjakan arus balik secara signifikan di Jalan Tol Jakarta Cikampek. Tercatat bakal ada 203 ribu kendaraan yang melawati jalan tersebut dalam sehari. 

"Ini merupakan jumlah yg sangat besar dibandingkan dari jumlah normlanya yaitu 53.000," jelas Presiden.

Baca juga: Pemudik Diimbau Kembali ke Jakarta Setelah Puncak Arus Balik

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengimbau kepada para pemudik yang tidak memiliki kepentingan mendesak untuk pulang ke Jakarta pada kisaran tanggal 27 April sampai 30 April 2023. Hal itu dilakukan agar menghindari penumpukan pemudik di puncak arus balik. 

"Agar masyarakat yang tidak terburu urusannya dan tidak terlalu mendesak untuk segera kembali diharapkan menunda jadwal kembali ke Jakarta. Tentu saja bagi mereka yang memang tidak mungkin menunda tidak ada larangan untuk tetap balik tanggal 24 dan 25 April 2023," kata Muhadjir dalam konferensi pers yang diselenggarakan secara virtual, Minggu (23/4). (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat