visitaaponce.com

Arus Balik, Pengguna Motor Disarankan Lakukan Perjalanan Pagi

Arus Balik, Pengguna Motor Disarankan Lakukan Perjalanan Pagi
Ilustrasi pemudik roda dua(ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)

MENGHADAPI puncak arus balik beberapa hari ke depan di tengah cuaca panas pemudik roda dua dianjurkan untuk lakukan perjalanan pagi untuk menghindari cuaca panas yang bisa sebabkan dehidrasi dan hilang konsentrasi yang membahayakan perjalanan.

"Kepada pemudik khususnya pesepeda motor jaga dari sengatan matahari. Dianjurkan perjalanan pagi sehingga diharapkan tiba di Jakarta siang harinya," kata Plt. Bidang Klimatologi Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dodo Gunawan saat dihubungi, Senin (24/4).

Ia menjelaskan cuaca panas ini terjadi secara keseluruhan di wilayah Indonesia, saat ini terasa panas karena variasi radiasi matahari yang sedang tinggi.

Baca juga: Dinamika Atmosfer Penyebab Suhu Panas Indonesia

Posisi matahari pada garis edarnya bulan April masih di sekitar wilayah Indonesia dalam pergeseran menuju utara (Juni, matahari berada di utara/musim panas). Tren kenaikan suhu akibat perubahan iklim juga turut meningkatkan rasa panas udara.

"April juga peralihan menuju musim kemarau. Jadi ada beberapa hal berinteraksi menghasilkan kondisi udara cukup panas," ujar Dodo.

Baca juga: Jasa Marga Imbau Pemudik Tunda Perjalanan Balik

Selain beberapa daerah, cuaca panas ini juga dirasakan oleh beberapa negara di Asia. Suhu panas ini telah terjadi sepekan terakhir dan mungkin sampai Mei 2023.

"Ada variasinya dari hari ke hari. Masih dimungkinkan hingga bulan Mei selama kita memasuki musim kemarau," pungkasnya. (Iam/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat