visitaaponce.com

Ukrida-Odysee Education Indonesia Jalin Kerja Sama Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Ukrida-Odysee Education Indonesia Jalin Kerja Sama Tingkatkan Kualitas Pendidikan
Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Ukrida dengan Odysee Education Indonesia.(DOK Ukrida)

UNIVERSITAS Kristen Krida Wacana (Ukrida) Jakarta berkomitmen menyelenggarakan pendidikan berkualitas berlandaskan pengetahuan, iman, dan karakter. Bagi Ukrida hal ini merupakan panggilan sebagai peran strategisnya dalam agenda besar untuk ikut mencerdaskan bangsa.

Untuk mendukung upaya tersebut, Ukrida menjalin kemitraan dengan berbagai pihak seperti lembaga pendidikan, sekolah, yayasan, serta sesama perguruan itnggi. Ukrida menilai masih banyak potensi kerja sama yang dapat disinergikan dengan berbagai pihak untuk meningkatkan pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing.

Kali ini, Ukrida melaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Odysee Education Indonesia sebagai wujud konkret upaya peningkatan pendidikan dan tenaga pendidik yang berkualitas. Penandatanganan dilakukan Rektor Ukrida Wani Devita Gunardi dan Direktur Utama Odysee Education Indonesia, Lim Christiano Alfin, Kamis (4/5) di Kampus I Ukrida.

Kerja sama ini diinisiasi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Ukrida sehubungan dengan tenaga pengajar Sastra Inggris, yang kemudian ditindaklanjuti dengan penjajakan ke arah kolaborasi oleh Unit Kemitraan dan Hubungan Internasional Ukrida, yang sekaligus memfasilitasi acara penandatanganan MoU ini.

"Kami yakin melalui jalinan kerja sama ini kita mampu melahirkan berbagai program kerjasama yang berdampak positif bagi pengembangan, profesionalitas tenaga pengajar yang berkualitas dan berkarakter baik. Ini akan menjadi investasi kita bersama dalam meningkatkan kualitas sumber daya insani Indonesia," ungkap Wani Devita dalam keterangan yang diterima, Sabtu (6/5).  

Direktur Utama Odysee Education Indonesia juga mengapresiasi terwujudnya gagasan kolaborasi dan mengapresiasi proses penjajakannya dalam waktu yang relatif singkat. "Pendidikan merupakan 'ibu' dari segalanya. Saya berharap kolaborasi ini berlanjut dalam pengembangan sumber daya manusia pengajar," ujar Lim Christiano.

Selesai penandatanganan MoU, digelar diskusi tindak lanjut kerja sama yang dilakukan dengan dipandu Kepala Unit Kemitraan dan Hubungan Internasional Ukrida, Athriyana S Pattiwael. Dalam diskusi, Lim Christianto menyatakan poin penting kolaborasi ini adalah pengembangan platform e-learning bersama Ukrida, diantaranya meliputi layanan pelatihan, sertifikasi, dan lainnya bagi guru-guru sekolah.    

Sedangkan Pjs. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Ukrida, Lambok D.R. Tampubolon menyebut ada dua hal yang bisa menjadi potensi kerja sama dengan FEB. Pertama, dukungan untuk peningkatan kapasitas dosen dalam melaksanakan pengajaran dalam Bahasa Inggris karena FEB Ukrida akan membuka kelas internasional. "Kedua, kolaborasi sebagai narasumber dalam pelatihan bagi guru-guru dan siswa, sebagai bagian dari pengabdian kepada masyarakat," jelasnya.

Di sisi lain, Dekan Fakultas Psikologi Ukrida, William Gunawan menawarkan potensi kerja sama dengan Odysee melalui kesempatan magang bagi mahasiswa Fakultas Psikologi Ukrida, sebagai calon guru potensial yang bisa direkrut oleh sekolah-sekolah. Penawaran kerjasama lainnya adalah pelaksanaan program intervensi karier Sukses Setelah Sekolah (3S), dan Literasi Dasar Kesehatan Mental bagi siswa-siswi SMP dan SMA

Kepala Unit Pengembangan Materi dan Inovasi Pembelajaran Ukrida, Olfien Wilsyie Riruma menambahkan tentang kemampuan mahasiswa untuk mengikuti pembelajaran di perguruan tinggi tidak merata. Karena itu, diperlukan informasi yang komprehensif dari mitra Odysee Education Indonesia, dalam hal pelaksanaan survei tingkat kemampuan siswa/i Sekolah Menengah guna menyusun metode pembelajaran yang sesuai melalui media dan content yang mudah dipahami.

Ukrida sebagai salah satu kampus Kristen terbaik di Indonesia, melalui nilai-nilai LEAD yang mendasari motto Lead to Impact terus ditingkatkan dalam karyanya melalui kolaborasi kemitraan demi membentuk calon-calon pemimpin perubahan demi kemajuan pendidikan di Indonesia. (RO/R-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat