visitaaponce.com

Semarakkan Merdeka Belajar, UnandGelar Jalan Sehat dan Aksi Bersih Pantai

REKTOR Universitas Andalas (Unand) Prof.Yuliandri melepas ribuan peserta jalan sehat yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, guru, dosen dan segenap civitas akademika, pada Minggu pagi (14/5).

Selain itu, juga diikuti oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, Kampung Tematik Binaan Universitas Andalas, SMAN 9 dan SMAN 15 Padang.

Rektor Yuliandri mengemukakan, jalan sehat ini dalam rangka menyemarakkan Bulan Merdeka Belajar untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023 yang serentak secara nasional. 

Baca juga: Pelaksanaan UTBK-SNBT Hari Pertama Unand Berjalan Lancar

Menurut Prof.Yuliandri, Merdeka Belajar bukan hanya slogan tetapi harus dibarengi dengan tindakan yang nyata.

Dukung 'Merdeka Belajar'

Untuk itu, Rektor Unand mengajak masyarakat agar mendukung program pemerintah untuk memerdekakan “Merdeka Belajar” yang juga dikampanyekan pada jalan sehat kali ini.

“Kegiatan ini bukan hanya dalam rangka Hardiknas saja tetapi kami juga ingin memperkuat komitmen perguruan tinggi dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat,” sambung Prof.Unand.

Baca juga; Pakar Teknik Industri Khawatirkan Nasib Buruh di Era Transformasi Digital

Lebih lanjut, ia menjelaskan gerakan Merdeka Belajar merupakan salah satu program yang dilakukan kementerian untuk semua jenjang pendidikan, khusus perguruan tinggi melakukan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) secara bertahap dan berkelanjutan.

Laksanakan KKN Terintegrasi MBKM

Dampak lain dari kegiatan ini mahasiswa diberikan hak untuk berkiprah dan berinovasi terutama dalam mengikuti proses pembelajaran, ada banyak program yang tersedia di antaranya magang, pertukaran mahasiswa, KKN terintegrasi MBKM dan lainnya.

Baca juga: Ketua Dewan Profesor Unand Meninggal, Sumbar Berduka

Prof. Yuliandri mengharapkan melalui jalan sehat ini dapat menguatkan ekosistem pendidikan dan kebudayaan serta membangkitkan semangat kolaborasi dalam mewujudkan merdeka belajar yang berkelanjutan.

Hal yang sama juga diutarakan Wakil Kepala Sekolah SMAN 9 Padang Gustina, S. Pd sangat mendukung pelaksanaan merdeka belajar sehingga jajaran bersatu agar kurikulum ini terlaksana dengan baik.

Baca juga: Menteri Sakti Wahyu Trenggono Luncurkan Pusat Riset Stem Cell dan Biobank Unand

Untuk rute jalan sehat, dimulai dari Fakultas Hukum Pancasila, lanjut ke Jalan Hayam Wuruk, Jalan Samudra tepi pantai Padang yang dilanjutkan dengan melakukan aksi bersih-bersih tepian pantai Padang.

Untuk memeriahkan acara dan menambah semangat para peserta, panitia juga menyediakan hiburan oleh Unit Kegiatan Seni (UKS) Universitas Andalas dan doorprize. (RO/S-4)


 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat