visitaaponce.com

KSPSI Kemudahan Akses JKN Harus Jadi Prioritas Perhatian BPJS Kesehatan

KSPSI: Kemudahan Akses JKN Harus Jadi Prioritas Perhatian BPJS Kesehatan
Pertemuan Pembahasan Rencana Kerja BPJS Kesehatan dengan KSPSI di Jakarta, Rabu (24/5).(Ist)

DESK Jamsos KSPSI (Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia) diundang BPJS Kesehatan dalam rangka mewujudkan kerja sama kemitraan dalam hal penyelenggaraan jaminan kesehatan nasional.

Bertempat di ruang rapat besar Kantor Pusat BPJS Kesehatan, Cempaka Putih Jakarta Pusat, Rabu (24/5), rapat pembahasan rencana kerjasama antar  kelembagaan itu berlangsung.

Dari Desk Jamsos (Djams) KSPSI hadir Poempida Hidayatulloh selaku Ketua Djams, didampingi  Achmad Ismail (Sekum) dan Ahmad Jazuli (anggota) bersama anggota tim lainnya.

Baca juga: Cara Mudah Cek Tunggakan BPJS Kesehatan

Sedangkan dari BPJS Kesehatan, hadir dari Kedeputian Bidang Hubungan Antar Lembaga (HAL) dan Regulasi, Komunikasi Organisasi, Perluasan dan Kepatuhan Kepesertaan, Kebijakan dan Data Kepesertaan serta Mutu Layanan

Rapat ini merupakan tindak lanjut dari hasil pertemuan Desk Jamsos KSPSI bersama Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti yang diselenggarakan pada awal Mei lalu.

"BPJS Kesehatan siap berkolaborasi dengan pihak Desk Jamsos KSPSI guna terselenggaranya layanan JKN secara optimal," tegas Widi dari Kedeputian bidang HAL dan Regulasi, ketika mengawali rapat pembahasan rencana kerjasama tersebut.

Baca juga: Polemik RUU Kesehatan dan Hak Pekerja

Widi juga menyampaikan perihal potensi kerja sama dan capaian dari program JKN yang telah berjalan selama ini.

Desk Jamsos KSPI Respons Positif

Sementara itu, dari Desk Jamsos KSPSI, Poempida merespons positif atas keterbukaan kerja sama dimaksud.

"Kami menginginkan penyelenggaraan JKN berjalan sesuai dengan amanah regulasi yaitu UU SJSN dan BPJS," kata Poempida.

Poempida meyakini bahwa kesempurnaan program, khususnya JKN, senantiasa memerlukan berbagai masukan publik.

Desk Jamsos siap berpartisipasi dengan menutup persoalan yang masih ada lewat kajian bersama dalam merespon dan memitigasi risikonya misalnya.

Baca juga: Direksi Pastikan Posko Arus Balik BPJS Kesehatan Berikan Manfaat Besar bagi Pemudik

"Selain itu, isu-isu lainnya yang terkait kebijakan program beserta pengelolaan assetnya juga terus teramati oleh desk," ujar Poempida..

"Kemudahan akses, perlu mendapatkan perhatian utama dari BPJS Kesehatan. Bahwa fakta kesulitan menjangkau 'seutuhnya' atas beragam manfaat layanan program masih dikeluhkan para peserta khususnya para pekerja/buruh," kata Achmad Ismail, Sekum Desk Jamsos.

"Kepesertaan pun belum sepenuhnya bisa menyentuh seluruh pekerja informal yang ada," tegas Achmad.

KSPSI Beri Perhatian Terhadap Layanan JKN

"KSPSI di bawah kepemimpinan Jumhur Hidayat saat ini sangat konsern terhadap kepesertaan semesta dan layanan program JKN bagi pekerja dan buruh nasional," kata Achmad.

Baca juga: Rumah Sakit yang Curangi BPJS Miliaran Rupiah Harus Diseret ke Meja Hijau

"KSPSI memiliki ketersebaran pengurus dan anggotanya hingga ke level kabupaten bahkan perkebunan," sambung Achmad Ismail dan Ahmad Jazuli, anggota dari Desk Jamsos.

KDPSI berharap manfaat program JKN bisa dirasakan ke berbagai lapisan pekerja di berbagai daerah.

BPJS Kesehatan dan Desk Jamsos lalu bersepakat untuk bersama-sama me-listing berbagai potensi kerja sama yang bisa dilakukan tadi untuk dibawa ke rapat teknis berikutnya. (RO/S-4)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat