visitaaponce.com

Pusat Penelitian dan Inovasi,Science Techno Park DiresmikanRektor Unand

REKTOR Universitas Andalas (Unand) Prof. Yuliandri meresmikan gedung Science Techno Park (STP) yang berlokasi di samping Fakultas Teknik, Undand, Padang, Sumatra Barat (Sumbar), pada Jumat (19/5).

Rektor Yuliandri mengungkapkan STP mempunyai integrasi dengan kajian penilitian dan kajian produk yang dikoneksikan dengan semua kelembagaan yang berhubugan dengan unit usaha untuk bisa dikembangkan.

Dicontohkannya, ada program pengembangan yang dilakukan berbagai kelembagaan seperti pemerintah daerah (Pemda) atau BUMN dari hasil itu bisa dibina dan dikoneksikan berdasarkan hasil riset yang dilakukan.

Baca juga: Semarakkan Merdeka Belajar, Unand Gelar Jalan Sehat dan Aksi Bersih Pantai

“Sebab hasil riset Universitas Andalas banyak sekali salah satunya berhubungan dengan pengembangan usaha-usaha, makanya dinamakanTekcno Park,” ujar Prof,Yuliandri.

Inovasi Miliki Peran Sentral untuk Perguruan Tinggi

Lebih lanjut, Rektor Unand menjelaskan inovasi atau kreasi yang dilakukan menjadi peran sentral perguruan tinggi untuk menjembatani.

Diakui Prof.Yuliandri, memang tidak semua perguruan tinggi memiliki STP, namun Universitas Andalas mempunyai karakter dan keunggulan di bidang riset.

Baca juga: Pakar Menyarankan Kejahatan Siber Masuk Tindak Pidana Terorisme

Diharapkan keberadaan STP menjadi upaya untuk hilirisasi riset dan bisa menjadi episentrum dari inovasi, karena perguruan tinggi adalah salah satu aktor yang berperan penting dari inovasi.

STP Merupakan Wahana Inovasi

Sementara itu, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Dr. Ing Uyung Gatot S Dinata mengungkapkan STP merupakan satu wahana inovasi yang sudah diandalkan untuk meningkatkan daya saing produk usaha dan bisnis baik daerah maupun nasional.

“STP mencoba membantu dunia usaha, daya saing peoduk, usaha daerah didukung ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada di universitas dan terbuka peluang untuk merealisasikan daya saing tersebut,” terangnya.

Baca juga: Pelaksanaan UTBK-SNBT Hari Pertama Unand Berjalan Lancar

Uyung menuturkan STP Universitas Andalas bertugas untuk mengomersialisasikan hasil riset dan membina usaha agar ke depannya bisa mengungtungkan, karena di sana bertemu bisnis dengan teknologi, ilmu pengetahuan, dan inovasi.

Hal yang senada juga diutarakan oleh Ketua Asosiasi STP Indonesia Dr. Lukito Hasta mengatakan tujuan didirikannya STP ini sebagai upaya untuk menjamin keberlajutan aktivitas riset di tanah air.

Ia berharap dengan berdirinya STP Universitas Andalas ini ke depannya harus mampu memberikan manfaat besar baik untuk masyarakat Sumbar khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya. (RO/S-4)

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat