visitaaponce.com

Rekomendasi Asupan Gizi untuk Lansia

Rekomendasi Asupan Gizi untuk Lansia
Rekomendasi asupan gizi untuk lansia(Freepic)

BERTAMBAHNYA usia, kebutuhan tubuh mengalami perubahan beradaptasi dengan kondisi fisiologis tubuh. Hal ini lah yang menyebabkan kebutuhan gizi seimbang pada lansia berbeda dengan rentang usia lainnya.

Memenuhi kebutuhan gizi orang yang sudah lanjut usia memang menjadi tantangan tersendiri. Dilansir dari situs World Health Organization (WHO), ageing atau penuaan adalah salah satu permasalahan global saat ini, mengingat angka harapan hidup yang meningkat.

Menjadi suatu tantangan bagi kita untuk memenuhi nutrisi yang tepat bagi lansia. Populasi geriatri semakin meningkat di seluruh dunia.

Baca juga: Ibadah Haji Harus Ramah Lansia

Lantas, mengapa kebutuhan gizi pada lansia berbeda? 

Ada banyak faktor yang memengaruhi perubahan kebutuhan gizi untuk lansia. Perlu diketahui juga bahwa kebutuhan setiap orang tua juga dapat berbeda, tergantung pada kondisi medis yang dimilikinya. 

Baca juga: Influenza Bisa Jadi Penyakit Berbahaya Jika Menginfeksi Lansia

Hal pertama yang memengaruhi perubahan ini adalah metabolisme. Menurut H Shimokata dkk.(1993) dalam jurnal jurnal Aging, Basal Metabolic Rate, and Nutrition, usia adalah salah satu faktor terpenting dalam perubahan metabolisme energi dan tingkat metabolisme basal seseorang menurun hampir secara linier seiring bertambahnya usia. Hal ini disebabkan oleh penurunan massa otot yang terjadi pada tubuh lansia.

Selain metabolisme yang melambat, sistem pencernaan pada lansia juga melambat. Seiring bertambah usia, produksi air liur dan asam lambung juga menurun, sehingga membuat pencernaan lebih sulit dalam memproses vitamin dan mineral tertentu seperti vitamin B12, B6, dan asam folat

Banyak orang tua yang juga mengalami penurunan kesehatan karena berbagai penyakit seperti diabetes, hipertensi, gangguan ginjal, dan penyakit lainnya. Kondisi seperti ini membuat orang tua membutuhkan asupan gizi yang harus disesuaikan dengan kondisi kesehatannya tersebut.

Dengan demikian berikut adalah rekomendasi untuk lansia agar menjaga gizi tetap seimbang.

Rekomendasi Gizi Seimbang untuk Lansia

1.    Jaga keseimbangan energi untuk mencapai dan menjaga berat badan normal. Pola makan sehat diutamakan sepeti asupan makanan dan minuman yang padat gizi. Pilih BM sumber protein seperti susu dan hasil olahannya yang rendah lemak, daging has, unggas, telur, kacang-kacangan dan biji-bijian.

2.    Batasi konsumsi gula (Karbohidrat sederhana termasuk tepung-tepungan), garam dan lemak jenuh. Konsumsi gula, garam dan lemak berlebihan dapat meningkatkan risiko Lansia untuk mengalami hiperglikemia, hipertensi, hiperkolesterolemia, stroke, penyakit jantung dan diabetes.

3.    Biasakan mengkonsumsi sumber kalsium dan vitamin D, seperti ikan, susu untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang dan gigi. Sering terpapar sinar matahari pagi juga dapat membantu pembentukan vitamin D aktif dalam tubuh.

4.    Biasakan mengkonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan produk whole grain sebagai sumber serat makanan dan kalium, terutama sayuran yang berwarna hijau, merah atau orange. Serat penting bagi kesehatan Lansia karena selain untuk melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit/konstipasi, serat juga berfungsi untuk mengontrol kadar lemak dan gula dalam darah.

5.    Minum air putih sesuai kebutuhan. Anjuran konsumsi air untuk Lansia adalah 1500-1600 ml (sekitar 6 gelas) per-harinya, atau 25-30 ml/kgBB/hari. Lebih sedikit dari anjuran minum untuk orang dewasa yang sebanyak 8 gelas perhari.

6.    Kebutuhan gizi sebaiknya terpenuhi dari Asupan makan sehari-hari. Bila dibutuhkan, makanan yang difortifikasi dan suplemen mungkin bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan satu atau lebih zat gizi pada kondisi khusus.

7.    Pola makan yang sehat harus mencegah penyakit terkait makanan (foodborne disease). Empat prinsip keamanan pangan yaitu; bersihkan, pisahkan, olah atau masak dan simpan pada suhu yang tepat, secara bersama-sama menurunkan risiko penyakit terkait makanan. Makanan setengah matang harus dihindari.

8.    Tetap melakukan aktifitas fisik dan kurangi waktu untuk aktifitas sedenter. Kekakuan otot sering terjadi pada Lansia karena berkurangnya kemampauan otot untuk berkontraksi dan relaksasi. Lansia dianjurkan untuk melakukan aktifitas fisik ringan seperti, berjalan santai, bersepeda, berkebun, yoga atau senam Lansia. Selain menjaga kelenturan otot, aktifitas fisik tersebut dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan kebugaran tubuh. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat